Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila Jalan Liang Melas Datas Mulus, Hemat Waktu Tempuh Jadi 1 Jam

Kompas.com - 05/02/2022, 08:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR tengah memulai pekerjaan perbaikan jalan rusak di kawasan Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Kawasan ini secara administratif mencakup 4 kecamatan, 7 desa dan 3 dusun di Kabupaten Karo. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani jeruk, jagung, cabai, dan kemiri.

Dalam rilis pers, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan rusak tersebut berada di ruas Kuta Bangun-Kuta Kendit sepanjang 37,2 kilometer dan lebar 3,5 meter dengan status jalan daerah (non-nasional).

Baca juga: Jalan Liang Melas Datas yang Mirip Kubangan Diperbaiki, Butuh Anggaran Rp 164 Miliar

Kini Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) Sumatera Utara tengah melakukan penanganan jalan sementara atau darurat sepanjang 18 kilometer sampai Desa Kutambelin.

"Apabila dulu diperlukan waktu 3-4 jam untuk mencapai jalan provinsi, dengan perbaikan ini dapat dipersingkat menjadi 1 jam dan biaya transportasi juga menurun hingga 75 persen," ujar Basuki saat di lokasi mendampingi Presiden Jokowi, Jumat (04/02/2022).

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menambahkan, sebelum ditangani, kondisi jalannya sangat sulit dilalui dan hanya bisa dilintasi oleh kendaraan offroad seperti mobil jeep dengan kecepatan rata-rata 5-10 kilometer per jam.

“Kami akan lakukan penanganan permanen sepanjang 37,2 kilometer dengan menggunakan tiga jenis perkerasan yaitu perkerasan lentur dengan bahu diaspal, perkerasan lentur dengan bahu Agregat Kelas S, dan perkerasan beton dengan bahu dibeton," terangnya.

Kemudian, total lebar badan jalan 5,5 meter dan lebar saluran 1 meter dengan saluran pasangan batu dengan mortar. Kapasitas angkut ditargetkan sekitar 8 ton dengan kecepatan rencana 20 kilometer per jam.

"Penanganan permanen dilakukan dalam 2 paket atau tahapan pada tahun 2022-2023. Paket 1 TA 2022 sepanjang 17,1 kilometer dengan perkiraan biaya Rp 72,5 miliar, dan paket 2 TA 2023 sepanjang 20,1 kilometer dengan perkiraan biaya Rp 92,3 miliar," pungkas Hedy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com