Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Berapa Bandung-Cilacap Tersambung Tol?

Kompas.com - 03/02/2022, 05:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) sepanjang 206,65 kilometer akan dimulai pada akhir tahun 2022.

Jika kelak rampung dan beroperasi, Jalan Tol Getaci ini akan menjadi yang terpanjang di Indonesia dengan anggaran jumbo mencapai Rp 56,20 triliun.

Direktur Utama PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC) Jo Mancelly mengatakan Jalan Tol Getaci nantinya tersambung dengan Jalan Tol Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) atau Jalan Tol Dalam Kota Bandung yang sudah direncanakan.

Baca juga: 7 Fakta Getaci, Bakal Tol Terpanjang di Indonesia dengan Investasi Rp 56 Triliun

Kehadiran kedua jalan tol tersebut diyakini akan memberikan kemudakan dan meningkatkan mobilitas masyarakat terutama dari Kota Bandung di Jawa Barat hingga Cilacap di Jawa Tengah.

“Jalan Tol Getaci nantinya akan melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,09 kilometer dan Provinsi Jawa Tengah sepanjang 37,56 kilometer," kata Johannes dalam keterangannya, Senin (31/01/2022).

Dimulai dari titik awal Gedebage Junction di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, lalu melewati Majalaya, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran, hingga ke wilayah Cilacap, Jawa Tengah.

Lalu, tahun berapa Kota Bandung-Cilacap tersambung tol?

Johannes menjelaskan pembangunan Jalan Tol Getaci akan dilakukan dalam dua tahap.

Pembangunan untuk tahap pertama yaitu Seksi 1 dan Seksi 2, yang dimulai dari Junction Gedebage hingga Simpang Susun (SS) Tasikmalaya sepanjang 94,22 kilometer.

Konstruksi untuk tahap pertama ini ditargetkan dimulai pada akhir tahun 2022 dan rampung pada tahun 2024.

Selanjutnya, untuk tahap kedua yaitu Seksi 3 dan Seksi 4 dimulai dari SS Tasikmalaya hingga SS Cilacap sepanjang 112,43 kilometer, termasuk main road 1,3 kilometer pada Seksi 1 yang terkoneksi dengan rencana Jalan Tol Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR).

Main road tersebut dibangun bersamaan saat Jalan Tol BIUTR konstruksi atau selambat lambatnya pada tahap kedua konstruksi Jalan Tol Getaci.

Konstruksi untuk tahap kedua dimulai pada akhir tahun 2027 dan rampung pada tahun 2029.

Berikut rincian dari keempat seksi Jalan Tol Getaci:

  • Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 kilometer
  • Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 kilometer
  • Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan sepanjang 76,78 kilometer
  • Seksi 4 Patimuan-Cilacap sepanjang 34,35 kilometer

Terdapat 10 buah simpang susun dan 1 buah junction, yaitu Junction Gedebage yang akan terkoneksi dengan Jalan Tol Padaleunyi dan Jalan Tol Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR).

Terdapat 2x2 lajur dengan lebar tiap lajurnya 3,6 meter serta akan dibangun dengan desain struktur at grade sepanjang 175,27 kilometer, struktur elevated 22,26 kilometer serta pile slab 9,12 kilometer di daerah Gedebage.

Jalan Tol Getaci tergabung dalam Proyek Strategis Nasional dan mendukung program pemerintah dalam pemerataan infrastruktur.

"Pembangunan jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas, kegiatan ekonomi, semakin melancarkan distribusi barang dan jasa hingga pengembangan industri dan pariwisata di koridor selatan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah," pungkas Johannes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com