Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RPT Pantai Bebas Parapat di Danau Toba Punya Fasilitas Amphitheatre

Kompas.com - 02/02/2022, 17:50 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat, Sumatera Utara (Utara) diklaim menjadi salah satu lokasi terbaik untuk bisa menikmati panorama pemandangan Danau Toba di Sumatera Utara.

Hal ini menyusul selesainya penataan RTP Pantai Bebas Parapat menjadi lebih rapi.

Adapun kehadian RTP Pantai Bebas Parapat bertujuan untuk mendukung Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DSPS) Danau Toba.

Baca juga: Cek, 7 Pelabuhan Pendukung KSPN Danau Toba yang Segera Diresmikan Jokowi

Di dalamnya tersedia banyak fasilitas baru yang dapat dinikmati oleh para wisatana lokal maupun mancanegara mulai dari fasilitas bermain, oleharaga hingga pertunjukan.

Penataan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas ParapatKementerian PUPR Penataan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat
Selain itu, akan banyak para pelaku ekonomi kreatif yang menawarkan produk dan karya terbaiknya yang pastinya bisa dimiliki oleh para wisatawan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, penataan RTP Pantai Parapat dilakukan dengan sangat baik oleh Kementerian PUPR.

Selain pemandangan, RTP Pantai Bebas Parapat ini juga memiliki fasilitas amphitheatrei atau teater ruang terbuka yang dapat digunakan untuk pertunjukan seni budaya.

“Kawasan ini memiliki ruang terbuka baru yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Sekarang kawasan ini sudah memiliki amphitheatre untuk pertunjukan seni budaya sekaligus memandang Danau Toba," kata Jokowi dalam peresmiannya, Rabu (02/02/2022).

 Kawasan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat, Sumatera Utara (Utara) Kementerian PUPR Kawasan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat, Sumatera Utara (Utara)
Setelah dilakukan penataan, RTP Pantai Bebas Parapat ini juga akan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang dapat mendukung industri ekonomi kreatif serta menumbuhkan perekonomian di Sumatera Utara.

RTP Pantai Bebas Parapat dibangun di atas lahan sekitar 10.000 meter persegi oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR sejak 21 Oktober 2020 dan selesai akhir 2021.

Biaya pembangunannya bersumber dari APBN sebesar Rp 84,6 miliar dengan kontraktor PT Wika Gedung yang meliputi penataan kawasan pantai bebas, penataan ruang terbuka publik Parapat, pembangunan gerbang DPSP arah Medan, dan pembangunan gerbang DPSP arah Silangit.

Penataan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas ParapatKementerian PUPR Penataan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat
RTP Pantai Bebas Parapat dilengkapi dengan wahana bermain dan olahraga seperti skateboard, jogging area, spot selfie dengan paduan pemandangan Danau Toba.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan selain penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat juga dikerjakan pembangunan IPAL Parapat untuk mencegah pencemaran perairan Danau Toba dari limbah domestik di kawasan.

"Keduanya akan menjadi ikon baru dan merubah wajah Kawasan Parapat", kata Basuki.

IPAL Parapat merupakan bagian dari jaringan pengolahan air limbah di kawasan DPSP Danau Toba yang dikerjakan sejak 2 September 2020 dan selesai akhir 2021 dengan anggaran sebesar Rp 45,6 miliar.

Jaringan IPAL Parapat dibangun mulai dari Jalan Sisingamangaraja, Terminal Sosorsaba dan Jalan Anggarajim kemudian masuk ke IPAL Pantai Bebas.

Setelah itu IPAL diproses di bantaran area Sijambur Ajibata berdekatan dengan kolam fakultatif, maturasi dan bak pengering lumpur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com