Nisan Kuno Ditemukan di Proyek Drainase Pasar 16 Ilir Palembang, Ini Kata Waskita Karya

Kompas.com - 17/01/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Benda yang diduga batu nisan kuno ditemukan oleh pekerja pembuatan drainase saat melakukan penggalian di daerah Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan.

Benda tersebut ditemukan oleh pekerja PT Waskita Karya (Persero) Tbk. saat melakukan penggalian di Proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Palembang pada hari Rabu (12/1/2022) malam.

Penemuan benda yang diduga nisan kuno ini ramai dibicarakan publik usai potongan video pekerja yang sedang menggali drainase beredar di berbagai grup WhatsApp.

Dalam video berdurasi 19 detik itu, ada dua nisan bertuliskan aksara Arab yang sempat diangkat ke atas oleh para pekerja. Mereka pun tampak terkejut saat menemukan batu nisan tersebut.

“Jangan-jangan kuburan ini, Mas,” kata suara pria dalam rekaman video tersebut.

Baca juga: Dua Nisan Kuno Ditemukan di Lokasi Proyek Pasar 16 Ilir Palembang

Arkeolog dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan Retno Purwanti menjelaskan, dari potongan foto dan video yang beredar, nisan bertuliskan aksara Arab tersebut diduga berasal pada awal abad ke-17.

Namun, hal ini masih dugaan sementara karena perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kebenarannya.

Menurut Retno, tim arkeolog masih menunggu Dinas Kebudayaan Kota Palembang untuk melayangkan surat ke PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor pelaksana, agar melakukan survei dan penelitian lebih lanjut.

“Belum ada kejelasan soal surat dan pertemuan antara tim survei (arkeolog dari Kantor Arkeologi Sumatera Selatan dan staf Dinas Kebudayaan Palembang). Dengan demikian, proses penelitian terhadap nisan tersebut belum bisa dilakukan,” kata Retno melalui pesan tertulis, Senin (17/1/2022).

Menanggapi hal ini, manajemen Waskita Karya mengaku telah melaporkannya kepada pemilik proyek yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.