Kompas.com - 17/01/2022, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua buah nisan kuno ditemukan oleh pekerja pembuatan drainase saat melakukan penggalian di daerah Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan.

Penemuan nisan kuno tersebut diketahui banyak orang setelah potongan video pekerja yang sedang menggali drainase beredar di berbagai grup WhatsApp.

Dalam video berdurasi 19 detik itu, ada dua nisan bertuliskan aksara Arab yang sempat diangkat ke atas oleh para pekerja. Mereka pun tampak terkejut saat menemukan batu nisan tersebut.

“Jangan-jangan kuburan ini, Mas,” kata suara pria dalam rekaman video tersebut.

Untuk diketahui, pengerjaan proyek drainase di daerah Pasar 16 Ilir Palembang tersebut ditangani oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Baca juga: Begini Penampakan Pasar Johar di Semarang Pasca-revitalisasi

Arkeolog dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan (Sumsel) Retno Purwanti menjelaskan, dari potongan foto dan video yang beredar, nisan bertuliskan aksara Arab tersebut diduga berasal pada awal abad ke-17.

Namun, hal ini masih dugaan sementara karena perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kebenarannya.

Menurut Retno, tim arkeolog masih menunggu Dinas Kebudayaan Kota Palembang untuk melayangkan surat ke kontraktor pelaksana agar melakukan survei dan penelitian lebih lanjut.

“Belum ada kejelasan soal surat dan pertemuan antara tim survei (arkeolog dari Kantor Arkeologi Sumsel dan staf Dinas Kebudayaan Palembang). Dengan demikian, proses penelitian terhadap nisan tersebut belum bisa dilakukan,” kata Retno melalui pesan tertulis, Senin (17/1/2022).

Retno menjelaskan, penemuan tersebut semestinya lebih dulu dilaporkan ke instansi berwenang. Namun, menurut dia, hal tersebut belum sempat dilaporkan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

“Seharusnya pihak penemu wajib melaporkan ke instansi berwenang sesuai dengan amanat Pasal 23 ayat 1 tentang cagar budaya dan harusnya menghentikan pekerjaan sampai tim peneliti datang ke lokasi dan mengambil tindakan pengamanan terhadap temuan,” ujarnya.

 

 

Penulis : Kontributor Palembang, Aji YK Putra
Editor : Gloria Setyvani Putri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.