Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Feng Shui, Ini Arti Pohon Besar di Depan Rumah

Kompas.com - 12/01/2022, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com – Di beberapa rumah, terlebih rumah dengan pekarangan yang cukup luas, sering kali ditemukan pohon besar yang tumbuh di depannya.

Namun, pernahkah terpikirkan, bagaimana pengaruh pohon besar di depan rumah terhadap energi yang mengalir menurut Feng Shui?

Dilansir dari The Spruce, Selasa (11/1/2022), pada dasarnya menurut Feng Shui, pohon di halaman rumah mewakili qi kayu yang diartikan sebagai pertumbuhan dan vitalitas.

Pohon yang sehat juga dapat diartikan sebagai qi bumi di sekitar rumah yang mampu melindungi dan menjaga rumah.

Kendati demikian, pohon besar di depan rumah rupanya juga mampu memberikan efek buruk pada energi yang masuk ke dalam rumah, berdasarkan Feng Shui.

Baca juga: Dianggap Paling Menguntungkan, Ini Manfaat Rumah Menghadap Selatan

Ini bisa terjadi apabila penghuni rumah merasa khawatir jika dahan pohon yang terlalu panjang hingga ke atap rumah bisa menyebabkan masalah pada pipa ledeng atau bahkan pondasi rumah.

Selain itu, pohon yang terlalu dekat atau bahkan sejajar dengan rumah disebut mampu memengaruhi aliran qi ke dalam rumah.

Cabang-cabang yang tumbuh terlalu banyak dan tidak teratur, membuat qi kesulitan untuk menemukan Anda.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika pohon besar terletak terlalu dekat dengan rumah?

Hal pertama adalah dengan memangkas ranting atau dahan pohon yang telah menyentuh atap atau menghalangi pintu masuk ke rumah.

Langkah ini harus dilakukan, terlebih pada semak atau pohon kecil yang membatasi akses pintu depan.

Tetapi, jika dirasa pohon tumbuh dengan tidak sehat, Anda perlu memanggil ahli untuk menentukan pilihan agar pohon ditebang atau tidak.

Lebih lanjut, demi Feng Shui baik dapat tercipta, warna pintu rumah juga bisa mendukung hal ini. Warna merah dengan dekorasi tanaman hias dikatakan sangat baik dalam Feng Shui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com