Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Pengamat, Sektor Perhotelan Akan Rebound Akhir Tahun 2022

Kompas.com - 31/12/2021, 11:22 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBisnis properti perhotelan di Indonesia mengalami krisis karena terdampak pandemi Covid-19.

Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI) Panangian Simanungkalit memperkirakan, sektor perhotelan mulai bangkit pada akhir tahun 2022 atau bahkan pada tahun 2023.

Hal ini karena pertumbuhan bisnis perhotelan sangat dipengaruhi jumlah kunjungan wisatawan.

Sementara selama pandemi berlangsung, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia per Desember 2021 hanya sekitar 1,1 juta.

Baca juga: Nikmati Libur Tahun Baru, Ini Pilihan Hotel untuk Staycation di Bogor

Angka tersebut sangat jauh dibandingkan dengan jumlah wisatawan sebelum terjadinya pandemi, yang bisa mencapai 5 sampai 6 juta pengunjung.

“Artinya, masih drop sampai 70 persen. Di Bali walaupun orang Indonesia sudah banyak pergi ke sana, itu sangat tidak bisa mengimbangi catatan sebelum covid,” ujar Panangian saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/12/2021).

Lebih lanjut, Panangian menjelaskan, tingkat okupansi atau keterisian kamar hotel di Indonesia masih stagnan dan sangat rendah.

Pernyataan Panangian sejalan dengan hasil riset Colliers International Indonesia Kuartal III-2021 yang menyebutkan, monthly average occupancy rate perhotelan di Indonesia per Agustus 2021 berada di bawah 40 persen.

Meskipun semula tingkat okupansi di Jakarta sudah mulai membaik, tetapi dengan diberlakukannya PPKM oleh pemerintah pada Juli tahun ini membawa kondisi hotel kembali seperti awal pandemi.

Mobilitas kembai dibatasi, banyak kegiatan ditunda hingga dibatalkan yang berpengaruh besar pada penurunan tamu hotel, terutama klien dari perusahaan dan pemerintahan.

Kendati demikian, Panangian kembali memperkirakan, adanya Konferensi Tingkat Tinggi G20 Bali 2022 mendatang akan menjadi peluang bagi sektor perhotelan Indonesia untuk bangkit.

“Hotel masih akan menunggu covid ini berlalu. G20 ada di Bali mungkin awalnya (sektor perhotelan bangkit), banyak yang datang ke Indonesia,” pungkas Panangian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com