Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Alasan Mengapa Septic Tank Bisa Meledak

Kompas.com - 22/12/2021, 09:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Septic tank merupakan tangki kedap air yang digunakan untuk menampung dan mengolah limbah kotoran manusia skala rumah tangga.

Tangki ini dibuat dengan tujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Pengelolaan septic tank mesti rutin dilakukan, baik dengan cara disedot ataupun menjaganya agar tetap kokoh dan tidak bocor.

Namun, tahukah Anda bahwa septic tank yang terletak di bawah tanah dapat membahayakan penghuni rumah jika tidak dibuat dengan standar teknis yang baik?

Direktur Utama Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah Jakarta Raya (PD PAL Jaya) Aris Supriyanto mengatakan, septic tank dapat meledak jika tidak dibuat dengan standar teknis yang baik. 

Pasalnya, air limbah dalam tangki septic tank menghasilkan gas methana (CH4) yang mudah meledak. 

Salah satu penyebab septic tank meledak biasanya dikarenakan tidak adanya pipa vent (ventilasi pipa) sebagai perangkat yang menjadi sirkulasi udara sehingga dapat mengeluarkan gas methana tersebut. 

"Air limbah dalam tangki septik itu menghasilkan gas Methana (CH4) yang mudah meledak. Jadi tangki septic tank harus dilengkapi pipa vent agar Gas Methana yang terbentuk tidak terakumulasi dalam tangki," kata Aris saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/12/2021). 

Aris menjelaskan, jika gas methana tidak dikeluarkan alias terakumulasi di dalam tangki, maka dengan nyala api rokok saja dapat meledak. 

Lebih lanjut, Aris menyarankan, dalam membuat septic tank di rumah harus dapat memenuhi syarat teknis.

Selain pipa vent, septic tank juga sebaiknya dibuat dengan minimal kapasitas satu meter persegi untuk penggunaan empat orang. 

Selain itu, letak tangki pun mesti berada jauh dari sumber air tanah yang biasa digunakan sehari-hari di rumah.

Hal itu untuk mencegah agar air tersebut tidak terkontaminasi dengan limbah kotoran septic tank, terutama ketika terjadi kebocoran. 

"Idealnya minimal kapasitas volume tangki septictank itu satu meter persegi tangki untuk empat orang," ujarnya. 

Aris menambahkan tangki septic tank, sebaiknya disedot setidaknya sekali dalam tiga tahun.

"Karena tangki yang tidak pernah disedot dalam waktu lama itu bisa bocor dan berisiko mencemari air tanah yang biasa digunakan sehari-hari di rumah," pungkas Aries. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com