Ganjil Genap Bakal Diterapkan di Empat Ruas Tol, Mulai 20 Desember hingga 2 Januari

Kompas.com - 02/12/2021, 13:30 WIB
Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang). Dokumentasi BPJT Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang libur Natal dan tahun baru 2021, pemerintah menerapkan sejumlah regulasi untuk menekan mobilitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Pemerintah bahkan berencakan memberlakukan sistem ganjil genap sebagai strategi pengaturan lalu lintas kendaraan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan sistem ganjil genap akan berlaku di wilayah aglomerasi, jalan tol, ibu kota provinsi, area tempat wisata, dan wilayah peningkatan mobilitas.

"Biasanya kalau kami menerapkan ganjil genap pergerakan itu turun kira-kira 30 persen," kata Budi dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI pada Rabu (1/12/2021).

Sejumlah ruas tol yang direncanakan memberlakukan sistem ini meliputi ruas Jalan Tol Tangerang-Merak, ruas Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, ruas Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, dan ruas Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Baca juga: Ini Langkah Pemerintah Kendalikan Lalu Lintas Mudik Natal dan Tahun Baru

"Ini mulai dari tanggal 20 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022," ucap Budi.

Selain itu, sistem buka tutup juga bakal diterapkan di rest area, kemudian sistem one way, sistem contraflow, serta melaksanakan random sampling di rest area atau tempat yang ditentukan.

Random sampling yang dimaksud yakni pengecekan secara acak terkait syarat perjalanan yang berlaku nantinya, seperti penggunaan aplikasi PeduliLindungi, vaksinasi, ataupun hasil tes antigen.

Sistem ganjil genap, one way, contraflow, hingga random sampling rencananya juga akan diterapkan di jalan non tol, termasuk kawasan wisata.

Juga diberlakukan pembatasan kapasitas hingga penutupan sementara wisata yang tanpa pengelola.

"Jadi yang diizinkan untuk beroperasi hanyalah wisata yang berpengelola, sehingga kami bisa me-manage jumlah dan prokes yang berlaku di sana," pungkas Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.