Momen Natal dan Tahun Baru, Transportasi Umum Boleh Beroperasi 50 Persen

Kompas.com - 02/12/2021, 13:00 WIB
Wajah baru kawasan Stasiun Tebet, Jakarta setelah ditata ulang, Kamis (14/10/2021). Penataan kawasan Stasiun Tebet terintegrasi dengan mode transportasi di Jabodetabek untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses transportasi umum. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOWajah baru kawasan Stasiun Tebet, Jakarta setelah ditata ulang, Kamis (14/10/2021). Penataan kawasan Stasiun Tebet terintegrasi dengan mode transportasi di Jabodetabek untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses transportasi umum.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuat aturan pembatasan operasionalisasi transportasi umum pada Natal 2021 dan tahun 2022 dalam masa Pandemi Covid-19

Pada momen itu, jumlah armada hanya dapat beroperasi sebanyak 50 persen dari yang diizinkan.

Tak hanya operasionalisasi transportasi umum, tempat duduknya juga dibatasi yaitu hanya boleh mengangkut 70 persen penumpang dari kapasitas yang tersedia.

Para operator juga diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memeriksa hasil antigen dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Kemudian, dilakukan pembatasan operasional maksimal 70 persen dari tempat duduk yang disediakan untuk angkutan penyeberangan.

Namun demikian, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapan, pembatasan operasional tidak diberlakukan bagi angkutan barang.

Baca juga: Survei: Jutaan Orang Akan Mudik Natal dan Tahun Baru

"Namun, jika diperlukan pembatasan akan diberikan diskresi oleh kepolisian pada saat dianggap penting di tempat-tempat tertentu," terang Budi dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi V DPR RI, Rabu (1/12/2021).

Sebelum merumuskan kebijakan Kemenhub juga telah melakukan survei tentang potensi mobilitas masyarakat pada masa Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Survei ini melibatkan responden sebanyak 97.855 orang dengan margin of error sebesar 0,003 persen.

"Kami melakukan survei secara berkala ingin mengetahui bagaimana keadaan masyarakat," ungkap Budi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.