Kompas.com - 02/12/2021, 05:30 WIB
Jalan Tol BORR Seksi 3A Simpang Yasmin-Semplak. Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Jalan Tol BORR Seksi 3A Simpang Yasmin-Semplak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah merancang sejumlah langkah pengendalian mobilitas masyarakat seiring momen Natal 2021 dan tahun baru 2022 saat Pandemi Covid-19, termasuk di jalan tol.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan memberlakukan sistem ganjil-genap (gage) sebagai strategi pengaturan lalu lintas.

"Biasanya, kalau kami menerapkan ganjil genap pergerakan itu turun kira-kira 30 persen," tutur Budi dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi V DPR RI, Rabu (1/12/2021).

Sistem gage bakal diterapkan di empat jalan tol, mulai 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Baca juga: Empat Ruas Tol Bakal Terapkan Sistem Ganjil Genap Saat Libur Natal, Ini Rinciannya

Keempat infrastruktur konektivitas berbayar tersebut adalah Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, serta Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Selain itu, sistem buka tutup dan random sampling (sampel acak) juga bakal diterapkan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest areaone way (satu arah), hingga contraflow (lawan arus). 

Sampel acak yang dimaksud yakni pengecekan terkait syarat perjalanan yang berlaku nantinya, seperti penggunaan aplikasi PeduliLindungi, vaksinasi, maupun hasil tes antigen.

Pulau Jawa dan Bali

Tol Cimanggis-CibitungDokumentasi Waskita Toll Road Tol Cimanggis-Cibitung
Dalam lingkup Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), telah disiapkan 1.629 kilometer Tol Trans-Jawa agar bisa beroperasi saat Natal 2021 dan tahun baru 2022.

"Kesiapan dari Kementerian PUPR yaitu jalan tol di Pulau Jawa yang operasional adalah sepanjang 1.629 kilometer," ungkap John.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.