Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Jakarta International Stadium Berbasis Budaya Betawi, Seperti Apa?

Kompas.com - 25/11/2021, 21:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain bangunan Jakarta International Stadium (JIS) bakal mengusung budaya asli Betawi.

Dengan demikian, nilai kearifan lokal pada stadion yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara ini akan menambah nilai plus.

Mengingat, stadion berkapasitas 82.000 orang ini juga menerapkan konsep green building atau ramah lingkungan dan keberlanjutan.

Melansir dai unggahan akun resmi Instagram PT Jakarta Propertindo (Jakpro), @jakprogroup, JIS terinspirasi dari ikat kepala Betawi dan ornamen gigi balang.

Baca juga: JIS Masuki Tahap Penyelesaian 52 Corporate Box dan Pemasangan Kursi Penonton

Ikat kepala Betawi yang berbentuk kain bermotif batik melingkar akan ditransformasikan dalam desain bangunan utama stadion.

Nantinya jika telah terbangun utuh, sekilas akan terlihat seperti mangkok yang tidak terputus dengan bentuk dasar lingkaran.

Lalu, pada bagian depan bangunan bakal memiliki lubang-lubang kecil yang terinspirasi dari ornamen khas Betawi yaitu gigi balang.

Sementara fasad perforasinya jika ditilik dari kejauhan juga akan tampak membentuk seperti corak harimau.

Di sisi lain, pada jalur penghubung di sisi barat dan timur stadion bakal terdapat ornamen budaya Betawi lainnya.

Beberapa desain plafon pada bagian dalam bangunan seperti halnya di ruangan media dan ruangan konferensi pers juga akan menerapkan ornamen serupa.

Seperti diberitakan sebelumnya, memasuki pekan ke-115 pengerjaan JIS sudah pada tahapan penyelesaian 52 corporate box dan pemasangan kursi penonton.

"Kalau total kapasitas stadion kan 82.000, kami targetkan kalau per akhir bulan ini atau awal Desember terpasang kurang lebih 25.000. Semuanya single seat, satu penonton satu tempat duduk," ujar Ari dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Minggu (21/11/2021).

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pelaksana proyek JIS mempersiapkan pembangunan stadion milik warga DKI Jakarta secara simultan. Pembangunan ditargetkan rampung pada 2022 mendatang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKPRO GROUP (@jakprogroup)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com