Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Anda Harus Memiliki Credenza? Ini Sederet Fungsinya

Kompas.com - 26/10/2021, 15:00 WIB
Audrey Aulivia Wiranto,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Elle Decor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Credenza merupakan furnitur setengah lemari atau berupa lemari penyimpanan dan meja yang bentuknya sama seperti meja konsol dengan banyak fungsi sebagai tempat penyimpanan.

Istilah credenza berasal dari bahasa Italia yang berarti kepercayaan atau keyakinan. Credenza pertama kali digunakan untuk menyimpan makanan yang akan diuji racunnya oleh para pelayan sebelum disajikan kepada tuannya.

Dalam rentang masa antara abad ke-14 hingga ke-16 bangunan di Italia mengambil bentuk arsitektural dengan dekorasi kolom dan pilaster.

Seiring bergesernya waktu, credenza yang biasanya diletakkan di ruang makan dengan desain tanpa kaki (atau kaki yang sangat pendek), semakin lengkap dengan pintu geser.

Baca juga: Meja Kerja Kekinian, Dilengkapi Charger dan Penguat Sinyal WiFi

Pintu ini berfungsi membuka ruang penyimpanan untuk peralatan makan dan kebutuhan rumah lainnya.

Bisa ditempatkan di ruangan mana pun (ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur dan kantor) bisa digunakan sebagai penyekat atau pembatas antara ruangan.

Sekaligus menghemat ruang penyimpanan dan memberikan nilai estetika dari ruangan karena bisa memilih desain sesuai dengan interior ruangan.

Ini adalah solusi tempat penyimpanan yang bergaya, dan bentuknya yang panjang dan rendah memberikan permukaan penyajian tambahan.

Selain di rumah, credenza juga sering ditemukan di kantor, menggantikan meja atau ruang kerja sebagai ruang penyimpanan tambahan.

Di Indonesia, meja satu ini populer digunakan sebagai tempat penyimpanan televisi atau media elektronik lainnya.

Ukurannya yang rendah, membuat layar televisi akan pas sejajar dengan jarak pandang mata.

Pada bagian kabinet bisa di pergunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan lainnya misalnya majalah-majalah, CD, DVD ataupun lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com