Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adhi Commuter Properti Akan Bangun Tiga Proyek Baru Berkonsep TOD

Kompas.com - 16/09/2021, 19:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Commuter Properti (ADCP) tengah mengembangkan proyek hunian berbasis transit oriented development (TOD) yang berjarak nol kilometer dari stasiun LRT Jabodebek. 

Dalam waktu dekat terdapat tiga proyek baru yang akan dibangun yaitu LRT City Cibubur, LRT City Pancoran, dan LRT City Cikunir. 

"Untuk LRT City Cibubur dan LRT City Pancoran akan dimulai akhir tahun 2021, sementara LRT City Cikunir tahun 2022," kata Direktur Pengembangan Bisnis ADCP Rozi Sparta menjawab  Kompas.com, Kamis (16/9/2021). 

Rozi menjelaskan total nilai investasi ketiga proyek tersebut masing-masing LRT City Cibubur sebesar Rp 4 triliun, LRT City Pancoran Rp 7 triliun dan LRT City Cikunir II mencapai Rp 3 triliun. 

Baca juga: Beroperasi 2022, Simak Progres Terkini LRT Jabodebek

Direktur Utama Adhi Commuter Properti (ADCP) Rizkan Firman menambahkan, perseroan berencana melahirkan sembilan proyek baru yang akan diluncurkan secara bertahap.

"Tahun ini kami launch dua proyek baru. Proyek lainnya dimulai tahun depan secara bertahap," imbuh Rizkan.

Lokasi proyek hunian ADCP berkonsep TOD ini dilengkapi dengan fasilitas pendukung gaya hidup masyarakat perkotaan yang sangat dekat dengan simpul-simpul transportasi umum.

Terjual 58,1 persen

Konsep hunian berbasis TOD yang dikembangkan ADCP mendapat antusiasme positif dari konsumen. Terbukti 58,1 persen dari total 11 proyek yang tengah dikembangkan sudah terjual. 

"Penjualan pre-sales untuk proyek-proyek ADCP hingga kini sebesar 58,1 persen untuk 11 proyek yang saat ini dikembangkan," kata  

Rozi menuturkan hunian berkonsep TOD ini memiliki akses strategis dengan berbagai jaringan transportasi yang ada di sekitarnya. Penghuni dapat mengakses transportasi tersebut dengan hanya berjalan kaki (walkable).

"Jadi yang membedakan hunian berkonsep TOD ini adalah lokasinya yang dekat dengan akses transportasi publik seperti stasiun LRT, sehingga penghuni dapat menjangkaunya dengan hanya berjalan kaki," jelasnya.  

Direktur Pemasaran ADCP Indra Syahruzza melaporkan hingga saat ini, terdapat 11 proyek hunian berkonsep TOD yang tengah dikembangkan yaitu LRT City Bekasi-Eastern Green, LRT City Bekasi-Green Avenue, LRT City Jatibening, LRT City MTH, LRT City Tebet, LRT City Ciracas.

Lalu LRT City Sentul, Adhi City Sentul, serta Grand Central Bogor-Member of LRT City, Cisauk Point Member of LRT City, Oase Park-Member of LRT City.

Dari total 11 proyek tersebut, empat proyek di antaranya telah diserahterimakan kepada konsumen yakni LRT City Bekasi Eastern Green, LRT City Bekasi-Green Avenue, LRT City MTH, dan LRT City Sentul.

Profil konsumen yang membeli apartemen adalah 60 persen investor, dan 40 persen end user. Sementara untuk perumahan Adhi City Sentul 60 persen end user dan 40 persen investor.

Dengan total 11 proyek ADCP yang mencakup 54.000 unit dan landbank sebesar 149 hektar, ADCP optimistis dapat meraup penjualan sesuai target.

"Hal ini karena demand untuk hunian berkonsep TOD yang kami tawarkan hingga saat ini juga masih tinggi. Per bulan kami bisa menjual 10 hingga 20 unit di setiap kawasan," ungkap Indra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com