Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Dua Infrastruktur Pendidikan di Sulsel Tuntas Dibangun

Kompas.com - 16/09/2021, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua infrastruktur bagi perguruan tinggi di Provinsi Sulawesi Selatan telah tuntas dibangun pada tahun 2021.

Keduanya adalah Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Gedung Kuliah Politeknik Negeri Pangkajene dan Kepulauan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kementerian yang dipimpinnya ditugaskan dalam membangunan prasarana pendidikan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” tutur Basuki dalam siaran pers, Kamis (16/09/2021).

Tahun ini, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya telah menyelesaikan KDP Fakultas MIPA UNM yang pembangunannya terhenti pada tahun 2016.

Gedung Fakultas MIPA UNM dibangun di atas lahan seluas 1.296 meter persegi dengan luas bangunan 5.376 meter persegi.

Pembangunan dilaksanakan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR sejak tahun 2019.

Baca juga: Perkembangan Terbaru Pembangunan Tahap II Kampus UIII Depok

Pekerjaannya meliputi persiapan struktur lantai 7-12, arsitektur, mekanikal, elektrikal, interior hingga lanskap dengan biaya sebesar Rp 43,8 miliar.

Fakultas MIPA UNM memiliki 12 lantai yang berfungsi sebagai kantor dekan dan staf pendukung akademik dan administratif serta beberapa lantai menjadi ruang kelas perkuliahan.

Selain itu, telah dituntaskan pembangunan Gedung Kuliah Politeknik Negeri Pangkajene dan Kepulauan yang pembangunannya mangkrak sejak tahun 2015.

Gedung tersebut mulai dikerjakan kembali sejak 31 Desember 2019 dengan Anggaran Pendapatna dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 45,7 miliar.

Konstruksinya berupa struktur, mekanikal, dan elektrikal, lanskap serta fasilitas penunjang lainnya.

Pembangunan gedung kuliah ini meliputi empat lantai dengan luas lahan 18.258 meter persegi dan total luas bangunan yang dikerjakan yakni 12.445,38 meter persegi terdiri atas ruang kuliah, ruang teater, area parkir, dan top floor.

Selain bangunan yang telah selesai, Kementerian PUPR juga tengah membangun Gedung Rumah Sakit Pendidikan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin yang berada di Jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar.

Dukungan dilakukan dengan melanjutkan struktur bangunan yang telah dibangun pihak Rektorat sejak 2013 lalu dan sempat terhenti lama.

Konstruksi bangunan mulai dikerjakan sejak 23 November 2020 dan ditargetkan selesai November 2021.

Karena adanya refocusing anggaran, maka penyelesaian pembangunan Gedung Rumah Sakit Pendidikan UIN Alauddin mengalami relaksasi dengan target selesai tahun 2022.

Adapun hingga akhir Agustus 2021, progres fisik bangunan ini telah mencapai 57 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com