Kompas.com - 16/09/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi infrastruktur pendidikan di Sulawesi Selatan. Dok. Kementerian PUPR.Ilustrasi infrastruktur pendidikan di Sulawesi Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua infrastruktur bagi perguruan tinggi di Provinsi Sulawesi Selatan telah tuntas dibangun pada tahun 2021.

Keduanya adalah Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Gedung Kuliah Politeknik Negeri Pangkajene dan Kepulauan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kementerian yang dipimpinnya ditugaskan dalam membangunan prasarana pendidikan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” tutur Basuki dalam siaran pers, Kamis (16/09/2021).

Tahun ini, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya telah menyelesaikan KDP Fakultas MIPA UNM yang pembangunannya terhenti pada tahun 2016.

Gedung Fakultas MIPA UNM dibangun di atas lahan seluas 1.296 meter persegi dengan luas bangunan 5.376 meter persegi.

Pembangunan dilaksanakan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR sejak tahun 2019.

Baca juga: Perkembangan Terbaru Pembangunan Tahap II Kampus UIII Depok

Pekerjaannya meliputi persiapan struktur lantai 7-12, arsitektur, mekanikal, elektrikal, interior hingga lanskap dengan biaya sebesar Rp 43,8 miliar.

Fakultas MIPA UNM memiliki 12 lantai yang berfungsi sebagai kantor dekan dan staf pendukung akademik dan administratif serta beberapa lantai menjadi ruang kelas perkuliahan.

Selain itu, telah dituntaskan pembangunan Gedung Kuliah Politeknik Negeri Pangkajene dan Kepulauan yang pembangunannya mangkrak sejak tahun 2015.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.