Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Kelistrikan Internal, Penyebab Terganggunya Layanan MRT Jakarta

Kompas.com - 11/09/2021, 20:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) mengungkapkan penyebab terganggunya layanan operasional kereta yang terjadi pada Jumat (10/9/2021) pukul 13.41 WIB.

Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan, MRT Jakarta menemukan adanya gangguan listrik internal yang disebabkan oleh adanya kerusakan kabel 20 kV yang menghubungkan Gardu Induk Taman Sambas dengan Gardu Traksi di Cipete Raya (CPR) dan Lebak Bulus (LBB).

"MRT Jakarta telah melakukan penyelidikan pada seluruh jalur kelistrikan sehingga dinyatakan aman untuk beroperasi melayani penumpang pada hari ini, 11 September 2021, mulai pukul 06.00 WIB pagi tadi," kata Plt. Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo dalam keterangannya, Sabtu (11/09/2021).

Baca juga: MRT Jakarta Kurangi Jam Operasional Kereta hingga Pukul 19.00

Ahmad menjelaskan pihaknya juga telah melakukan perbaikan awal pada sejumlah kabel yang mengalami kerusakan yang menjadi sumber gangguan kelistrikan tersebut.

Selain itu, MRT Jakarta memastikan bahwa perbaikan lanjutan yang diperlukan tidak akan menganggu layanan operasional pada hari ini.

Tahap berikutnya akan dilakukan investigasi lebih lanjut terkait kondisi panel listrik untuk gardu traksi, serta melakukan investigasi secara detail dan menyeluruh pada sistem kelistrikan MRT Jakarta.

Tim Independen dilibatkan untuk mengetahui penyebab kerusakan kabel dan langkah-langkah komprehensif yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kehandalan kelistrikan.

"Untuk mencegah kejadian serupa terjadi kembali, MRT Jakarta akan melakukan sejumlah upaya pemulihan operasi dengan meningkatkan kehandalan sistem kelistrikan," tutur Ahmad.

Untuk mempercepat upaya perbaikan sistem kelistrikan, pada 11-12 September 2021 MRT Jakarta melakukan kebijakan perubahan sementara jam operasional yang semula sampai pukul 21.30 WIB menjadi sampai pukul 19.00 WIB dengan jarak waktu tempuh antar kereta 20 menit.

"Hal itu karena keamanan serta keselamatan penumpang merupakan prioritas utama MRT Jakarta," tambah dia. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com