Tahun 2022, BUMN Infrastruktur Dapat Dana Rp 86,4 Triliun

Kompas.com - 18/08/2021, 11:30 WIB
Jalan tol Yogyakarta-Bawen diprediksi akan memangkas waktu perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta. Jasa MargaJalan tol Yogyakarta-Bawen diprediksi akan memangkas waktu perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menggelontorkan pembiayaan investasi pada klaster infrastruktur sebesar Rp 86,4 triliun dalam Rancangan Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2022.

Anggaran tersebut dikucurkan untuk lima Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Infrastruktur dan empat Badan Layanan Umum (BLU) dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN).

BUMN Infrastruktur yang dimaksud adalah PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Perumnas, serta PT PLN (Persero).

Sementara empat BLU yang mendapatkan alokasi anggaran yaitu Badan Pengelola (BP) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), PT Sarana Multigriya Finansial (Persero), Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan hal ini dalam konferensi pers virtual yang dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Perekonomian RI, Selasa (17/08/2021).

"Untuk klaster infrastruktur Rp 86,4 triliun itu dalam berbagai bentuk PMN," jelas dia.

Sri Mulyani mengatakan, untuk klaster infrastruktur ini utamanya untuk jalan dan perumahan, disamping energi.

Baca juga: Hingga Agustus 2021, BUMN Ini Tuntaskan 25 Proyek Konstruksi

Penyertaan PMN bagi Hutama Karya diperuntukkan untuk penyelesaian konstruksi delapan ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS dengan target tambahan sepanjang 162 kilometer.

Selanjutnya Waskita dengan penyelesaian ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung dan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi.

Adhi Karya untuk penyelesaian Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo dan Tol Yogyakarta-Bawen, serta Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Karian-Serpong.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.