Kompas.com - 17/08/2021, 21:00 WIB
Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat orang Kanekes atau Suku Badui saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD dan DPR, Senin (16/8/2021). YouTube/Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat orang Kanekes atau Suku Badui saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD dan DPR, Senin (16/8/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 384,8 triliun untuk pembangunan infrastruktur dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022.

Hal ini sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/08/2021).

Pembangunan infrastruktur dianggarkan Rp 384,8 triliun,” tegas Jokowi.

Rinciannya, anggaran infrastruktur belanja pemerintah pusat dialokasikan sebesar Rp 170,4 triliun.

Lalu, Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) dan pembiayaan anggaran masing-masing sebesar Rp 119,2 triliun dan Rp 95,2 triliun.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, belanja infrastruktur ini dilakukan demi meningkatkan produktivitas dan konektivitas.

"Presiden menyampaikan bahwa tahun depan kita masih juga akan fokus meneruskan belanja infrastruktur dalam rangka untuk meningkatkan produktivitas dan konektivitas," terang Sri Mulyani.

Baca juga: RAPBN 2022, Infrasktruktur Rp 384,8 Triliun untuk Dukung Layanan Dasar

Namun demikian, belanja infrastruktur pada tahun depan dilaksanakan akan lebih selektif yang diharapkan mencapai prioritas dan perbaikan efisiensi.

Pada tahun depan, fokus pemerintah tak hanya pada pembangunan infrastruktur dasar seperti rumah khusus (rusus), rumah susun (rusun), penyediaan air minum dan pengelolaan air limbah.

Anggaran juga akan dialokasikan pada pembangunan infrastruktur energi dan pangan seperti jaringan gas dan irigasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.