Kompas.com - 15/08/2021, 22:00 WIB
Pintu masuk Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang resmi disahkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bertemakan teknologi dan manufaktur. KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAHPintu masuk Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang resmi disahkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bertemakan teknologi dan manufaktur.

GRESIK, KOMPAS.com - Melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2021 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo, 28 Juni 2021, Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, resmi disahkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) teknologi dan manufaktur.

Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) Bambang Soetiono, selaku pengelola JIIPE KEK Gresik, optimistis pengesahan JIIPE sebagai KEK teknologi dan manufaktur akan banyak menarik investor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan status KEK ini, tentunya yang paling utama dimudahkan adalah fasilitas fiskal dan non-fiskal, serta perizinan," ujar Bambang saat menghadiri agenda vaksinasi di Smelter Manyar, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Lewat PP 71/2021, JIIPE Resmi Disahkan Jadi KEK Teknologi dan Manufaktur

Dengan demikian, investor tidak perlu lagi direpotkan oleh perizinan, karena sudah diurus oleh pengelola JIIPE.

Setelah investor tersebut mendapatkan izin resmi, bisa langsung mendaftarkan ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Jadi setelah beli lahan di JIIPE, besoknya mau pancang juga sudah boleh. Setelah itu selama konstruksi, IMB bisa diurus kalau mau beroperasi," ucap Bambang.

Beberapa kemudahan itulah yang dinilai Bambang, akan mampu menjadi daya tarik bagi para investor. 

Hingga kini, terdapat 15 perusahaan yang beroperasi di JIIPE. Sedangkan sejumlah perusahaan lainnya masih dalam proses tahapan akhir untuk dapat melakukan investasi.

"Investor yang sedang tahap closing deal itu ada lima atau enam perusahaan. Terutama setelah ditetapkan KEK, banyak yang berminat. Ada yang nanti produk turunan dari Freeport Indonesia, ada juga yang baru," kata Bambang.

Sementara untuk target penjualan lahan pada tahun ini, PT BKMS mengharapkan sekitar 30 hektar hingga 40 hektar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.