Kompas.com - 15/08/2021, 20:00 WIB
Alat berat bersiap di lokasi Smelter Manyar, yang berada di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik. KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAHAlat berat bersiap di lokasi Smelter Manyar, yang berada di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik.

GRESIK, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Clayton Allen Wenas atau Tony Wenas mengungkapkan, hingga saat ini pengerjaan proyek Smelter Manyar terus berlanjut.

Progres proyek yang berada di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik itu baru mencapai delapan persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tony optimistis pembangunan akan berjalan lancar dan menargetkan progresnya bisa mencapai 10 persen pada akhir 2021.

"Meski ada Covid-19, pembangunan masih sesuai dengan jadwal. Kecuali tahun lalu, karena ada PSBB dan sempat tertunda beberapa bulan. Tapi selebihnya, semuanya sudah sesuai dengan perkiraan," ujar Tony, saat berkunjung di lokasi Smelter Manyar, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Jelang Konstruksi Smelter Manyar, Karyawan Freeport Indonesia Divaksin

Construction Manager PTFI Venta Agustri menambahkan, pengerjaan Smelter Manyar pada saat ini telah memasuki tahap stripping untuk persiapan pembangunan konstruksi fisik.

"Fokusnya saat ini di stripping. Jadi lahan itu diratakan dulu, baru kita masuk ke elevasi biner. Setelah itu nanti akan secara parsial dan paralel pemancangan permanen, diikuti dengan pondasi dan seterusnya," ucap Venta.

Operasional Smelter Manyar diprediksi akan dimulai pada 2024 dengan kebutuhan pekerja mencapai sebanyak 40.000 orang.

Namun untuk saat ini, dikarenakan masih dalam tahapan awal, belum banyak pekerja yang terlibat di lapangan.

"Tahun ini kebutuhan kita sampai 1.500 pekerja. Untuk stripping sekitar 150 (pekerja), kemudian nanti ada kontraktor dari Chiyoda, sampai akhir tahun ini sekitar 1.500 orang," kata Venta.

Sebagai persiapan menyambut pengerjaan konstruksi fisik yang direncanakan dimulai pada bulan depan, dengan para pegawai PTFI juga sudah mulai mendapatkan agenda vaksinasi.

Adapun pekerjaan konstruksi selanjutnya, akan dilakukan oleh Chiyoda International Indonesia yang merupakan kontraktor EPC untuk pekerjaan konstruksi Smelter Manyar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.