Kompas.com - 06/08/2021, 12:00 WIB
Desain pembangunan Bendungan Bagong, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Dok. Kementerian PUPR.Desain pembangunan Bendungan Bagong, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang menggenjot pembangunan Bendungan Bagong di Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Kehadiran infrastruktur sumber daya air (SDA) ini nantinya menambah jumlah tampungan di Provinsi Jatim menjadi delapan bendungan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan hal ini dikutip dari laman Kementerian PUPR, Jumat (6/8/2021).

“Kehadiran Bendungan Bagong akan menambah jumlah tampungan air di Provinsi Jatim dengan keseluruhan delapan bendungan yang dibangun sejak 2014,” terang Basuki.

Kedelapan bendungan di Jatim tersebut adalah Bendungan Bendo di Ponorogo, Bendungan Tukul di Pacitan, Bendungan Gongseng di Bojonegoro, dan Bendungan Bajulmati di Situbondo.

Selanjutnya, Bendungan Tugu di Trenggalek, Bendungan Nipah di Madura, Bendungan Semantok di Nganjuk, serta Bendungan Bagong di Trenggalek.

Baca juga: Bendungan Sukamahi dan Ciawi, Dry Dam Pertama di Indonesia

Basuki melanjutkan, pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus Pemerintah tidak hanya mengejar pertumbuhan ekonomi dan peningkatan daya saing, tetapi juga pemerataan hasil pembangunan dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat.

“Pembangunan bendungan diikuti oleh jaringan irigasinya. Dengan demikian, bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” lanjutnya.

Bendungan Bagong dibangun Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Direktorat Jenderal (Ditjen) SDA Kementerian PUPR dengan membendung Sungai Bagong.

Sungai ini memiliki luas Daerah Aliran Sungai (DAS) sepanjang 39,95 kilometer persegi untuk pengembangan dan peningkatan Daerah Irigasi (DI) Bagong dan Pogalan seluas 1.021 hektar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.