Kompas.com - 06/08/2021, 06:00 WIB
PT Sarana Multigriya Finansial (SMF). Dok. PT Sarana Multigriya Finansial (SMF).PT Sarana Multigriya Finansial (SMF).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF siap jika ditugaskan untuk menambah porsi pendanaan guna mendukung sektor perumahan melalui pembiayaan KPR Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Kesiapan ini ditegaskan Direktur SMF Heliantopo kepada Kompas.com, saat konferensi virtual Kinerja SMF Semester I-2021, Kamis (5/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan untuk mendukung pembiayaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), kami siap jika ditugaskan menambah porsi pendanaan yang disalurkan kepada Bank Penyalur KPR FLPP," ujar Heliantopo.

Baca juga: Rapor Semester I-2021, SMF Catatkan Penyaluran KPR Rp 3,66 Triliun

Heliantopo mengatakan, saat ini perubahan porsi pendanaan ini masih dalam pembahasan bersama Pusat Pengelola Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kami menunggu keputusan dan peraturan dari Menteri PUPR mengenai perubahan porsi pendanaan apakah 60 persen PPDPP dan 40 persen SMF. Yang pasti kami siap untuk itu," imbuh Heliantopo.

Hal senada dikemukakan Direktur Utama PPDPP Arif Sabaruddin. Dia mengungkapkan, perubahan porsi pendanaan ini masih dalam kajian.

"Bila sudah selesai, akan masuk satu tahap lagi yakni proses penetapan peraturan menteri (permen). Kajian ini akan dijadikan pendukung (back up) kebijakannya," imbuh Arif.

Harapannya, ke depan dengan perubahan porsi ini dapat menambah kuantitas KPR FLPP untuk disalurkan kepada MBR.

Untuk diketahui, SMF telah berkolaborasi dengan PPDPP dalam mendanai perumahan berbasis KPR FLPP dengan porsi 25 persen sejak Agustus tahun 2018.

Dukungan kepada Program KPR FLPP, merupakan realisasi dari peran Perseroan sebagai fiscal tools Pemerintah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.