Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengupas Keunikan One Park Drive, Pencakar Langit Berbentuk Silinder

Kompas.com - 22/07/2021, 19:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Studio arsitektur asal Swiss, Herzog & de Meuron, telah menuntaskan pembangunan gedung pencakar langit yang diperuntukkan bagi residensial di Canary Wharf, London, Inggris.

Proyek bernama One Park Drive ini dirancang setinggi 205 meter dan memiliki 58 lantai.

One Park Drive terlihat menonjol di sekitar kompleks gedung perkantoran Canary Wharf karena berbentuk silinder yang khas.

"Bentuk melingkar dari menara baru ini dengan jelas membedakan dirinya dari bangunan tetangga yang ortogonal," ucap salah seorang dari Herzog & de Meuron yang tak disebutkan namanya.

Pencakar langit tersebut terdiri dari 484 unit apartemen yang merupakan bagian dari rencana pengembang Canary Wharf Group untuk menambah hunian di kawasan yang dominan dengan area komersial di daerah London timur itu.

Baca juga: Yunani Segera Miliki Gedung Pencakar Langit 200 Meter

Sementara itu, Director of Residential Sales Canary Wharf Group Brian De'ath mengatakan,  One Park Drive dirancang untuk memiliki tampilan menara silindris, tetapi sebagian besar apartemen di dalamnya tetap memiliki tepi lurus yang teratur.

"Ini menciptakan tampilan estetika yang membedakan bangunan dari menara perkantoran,  namun tidak mempengaruhi kualitas apartemen," terang De'ath dikutip dari Dezeen, Kamis (22/07/2021).

One Park Drive dibagi menjadi empat bagian berbeda yang sangat kentara jika dilihat dari luar gedung.

Tampilan eksterior proyek pencakar langit residensial pertama di Inggris.win2all.com Tampilan eksterior proyek pencakar langit residensial pertama di Inggris.
Dua lantai terendah yang membulat berisi lobi pintu masuk, ruang bioskop, ruang kebugaran dan kolam renang.

Kemudian, 9 lantai terendah memiliki pelat lantai bundar yang memanjang, terdiri dari unit apartemen besar.

Lalu, di atasnya terdapat 22 lantai apartemen studio, kamar satu dan dua dengan tampilan eksterior berbentuk kotak.

Sementara 25 lantai teratas terdiri dari unit apartemen besar dengan bentuk berbeda dari sebelumnya yaitu eksterior dinding melengkung.

Untuk diketahui, One Park Drive merupakan gedung pencakar langit residensial pertama di Inggris yang dirancang oleh Herzog & de Meuron.

Studio ini didirikan oleh Jacques Herzog dan Pierre de Meuron pada tahun 1978 silam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com