Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga 2020, Indonesia Nomor Dua di Asia Tenggara untuk Urusan Pencakar Langit

Kompas.com - 31/12/2020, 21:39 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2020 tak lama lagi berakhir. Menutup tahun yang penuh tantangan ini, Indonesia mencatat sejarah baru.

Negara dengan luas wilayah 1.910.931 kilometer persegi ini memiliki supertall yakni pencakar langit dengan ketinggian di atas 300 meter.

Pencakar langit tersebut adalah Autograph Tower yang berada di kompleks pengembangan multifungsi Thamrin Nine, Jakarta Pusat.

Konstruksi Autograph Tower telah mencapai tutup atap atau topping off pada Oktober 2020.

Gedung ini akan dioperasikan Tahun 2021 atau enam bulan setelah proses serah terima kepada tenant yang dijadwalkan secara bertahap mulai April.

Baca juga: Thamrin Nine Pecahkan Rekor Gedung Tertinggi di Indonesia 382,9 Meter

Secara struktur yang dihitung dari lantai dasar dan mengacu pada ketentuan Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), ketinggian Autograph Tower mencapai 382,9 meter.

Namun, jika dihitung dari atas permukaan tanah, gedung yang bakal difungsikan sebagai perkantoran dan hotel ini menjulang 385 meter.

Tentu saja, pencakar langit ini memecahkan rekor tertinggi di Indonesia. Sebelumnya, rekor gedung terjangkung dipegang oleh Gama Tower milik dua bersaudara Ganda dan Martua Sitorus, yang mengangkasa 285 meter.

Gama Tower, Kuningan, Jakarta, Senin (12/02/2018).MAULANA MAHARDHIKA Gama Tower, Kuningan, Jakarta, Senin (12/02/2018).
Kendati baru akan memiliki satu supertall, namun Indonesia boleh berbangga, karena hingga akhir 2020 telah membangun 105 gedung dengan ketinggian di atas 150 meter.

Dengan jumlah gedung ini, Indonesia nomor dua di Asia Tenggara, mengungguli Malaysia dengan angka 97 gedung, Singapura 94 gedung, dan Vietnam 29 gedung.

Sementara tahkta nomor satu Asia Tenggara dipegang Thailand yang telah membangun 106 gedung dengan tiga di antaranya supertall.

Ketiganya yakni Baiyoke Tower II setinggi 304 meter, Mahanakhon 314 meter, Magnolias Waterfront Residence Tower 1 setinggi 315 meter.

Pun jika dikumulasikan dengan jumlah gedung dengan ketinggian di atas 150 meter yang masih proposal, dalam tahap pembangunan atau under construction, dan tutup atap, Indonesia tetap nomor dua di Asia Tenggara.

Jumlahnya mencapai 164 gedung. Dari total jumlah 164 gedung tersebut, empat di antaranya merupakan supertall dengan status tutup atap dan under construction

Selain Autograph Tower Thamrin Nine, terdapat Fortune Tower dengan ketinggian 330 meter, Indonesia 1 North Tower (306 meter), dan Indonesia 1 South Tower (303 meter).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com