INA Berhasil Gaet Tiga Investor Asing, Raup Investasi Rp 50 Triliun

Kompas.com - 14/07/2021, 16:00 WIB
Tol Pandaan-Malang Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRTol Pandaan-Malang

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Pengelola Investasi atau Indonesia Investment Authority (INA) berhasil menggaet tiga investor asing.

Anggota Dewan Direksi INA Marita Alisjahbana mengungkapkan, sudah ada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan tiga investor asing tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mereka tertarik berinvestasi di sektor jalan tol. Ketiganya yakni Abu Dhabi Investment Authority (AIDA), Caisse de dépôt et placement du Québec (CDPQ), dan APG Asset Management (APG)," ungkap Marita, Selasa (13/07/2021).

Jika dijumlahkan bersama investasi INA, total investasi tiga investor tersebut sebesar Rp 50 triliun.

Baca juga: Ini Syarat dan Ketentuan Mendapatkan Pembiayaan INA

Rinciannya, porsi investasi INA senilai 750 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 10,9 triliun, dan masing-masing dari tiga investor tersebut sebesar 1 miliar dollar AS atau setara Rp 14,5 triliun.

Marita mengatakan setelah dilakukannya MoU, tahap selanjutnya adalah due diligence (uji kelayakan) terhadap aset-aset jalan tol di Indonesia.

"Supaya akhirnya ini bisa selesai transaksinya," ujarnya. 

Marita mengaku selain bekerjasama dengan investor asing, INA juga telah menjalin kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Perusahaan-perusahaan tersebut adalah PT Pertamina (Persero), Badan Penyelenggaraan Jaminan sosial (BPJS) Tenaga Kerja, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan perusahaan BUMN seperti PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Angkasa Pura (Persero), PT Pelabuhan Indonesia (Persero), dan PT Kimia Farma (Persero) Tbk. 

"Adapun kerja sama kami dengan Pertamina adalah untuk menjajaki investasi di sektor energi," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.