Kompas.com - 14/07/2021, 07:00 WIB
Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran. KOMPAS.com/ RODERICK ADRIAN MOZESSuasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Dewan Direksi Lembaga Pengelola Investasi atau Indonesia Investment Authority (INA) Marita Alisjahbana mengatakan, INA menetapkan sejumlah syarat dan prinsip-prinsip dasar yang diberlakukan dalam pembiayaan.

Para penjual aset seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau lainnya yang ingin mendapatkan pembiayaan dari INA harus memenuhi syarat dan prinsip-prinsip dasar tersebut.

"Tugas INA adalah mengajak investor luar mau berinvestasi ke dalam aset-aset yang ada di sini termasuk aset-aset infrastruktur, karenanya yang sangat penting adalah prinsip-prinsip dasar yang wajib dilakukan antara INA, penjual dan investor," kata Marita dalam diskusi virtual Investor Daily Summit, Selasa (13/07/2021).

Baca juga: Pengusaha Berharap INA Biayai Proyek Jalan Tol dengan Trafik Rendah

Adapun prinsip-prinsip dasar yang wajib dipenuhi yaitu:

1. Willing buyer and willing seller

Para pihak menyetujui syarat dan ketentuan serta nilai transaksi dan tidak ada paksaan untuk melakukan transaksi tersebut.

2. Komersial

Pembeli dan penjual tetap melandaskan keputusan pada penilaian harga pasar wajar yang didukung oleh penialai independen dan atau pertimbangan komersial sesuai dengan kondisi perusahaan.

3. Strategic Alignment

Para pihak harus memiliki kesesuaian keputusan transaksi dengan pertimbangan strategi masing-masing.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.