15 Hari Lagi, Warga Terdampak Bendungan Kuningan Bisa Huni Rumah Khusus

Kompas.com - 02/06/2021, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah khusus (rusus) untuk relokasi masyarakat terdampak pembangunan Bendungan Kuningan di Kabupaten Kuningan, Provinsi  Jawa Barat, dapat segera dihuni dalam waktu kurang dari 15 hari

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid memastikan hal ini dalam siaran pers, Selasa (01/06/2021).

"Sejumlah 419 warga yang terdampak akan segera dipindahkan ke rusus ini begitu Bendungan Kuningan diresmikan dan dialiri air,” jelas Khalawi.

Hingga kini, progres pembangunan 419 rumah yang terbagi dalam 4 tahap ini sudah mencapai 90 persen.

Khalawi menerangkan, rusus yang dibangun di Desa Sukarapih, Kecamatan Cibereum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat sedang dalam proses finishing Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU).

Pekerjaan pembangunan yang saat ini dilaksanakan adalah pengecatan serta instalasi jaringan listrik dan air bersih.

Baca juga: Proyek Bendungan Kuningan Impounding, 419 Rumah Dibangun untuk Warga Terdampak

Khusus instalasi listrik dan air bersih ini dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dan dibantu Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama menyatakan, Pemda memastikan jaringan listrik dan air bersih akan segera masuk dalam perumahan ini.

Pembangunan rumah khusus (rusus) untuk merelokasi masyarakat  terdampak pembangunan Bendungan Kuningan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.Dok. BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR Pembangunan rumah khusus (rusus) untuk merelokasi masyarakat terdampak pembangunan Bendungan Kuningan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
“Besok tiang-tiang listrik dari PLN sudah mulai masuk beserta dengan gardu listriknya. Dan untuk jaringan air bersih akan segera diusakan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat untuk segera menyiapkan jalurnya,” kata Acep.

Dalam hal penyediaan air bersih, Kementerian PUPR juga mengerahkan bantuan dari Ditjen Sumber Daya Air dalam melakukan pengukuran geo listrik untuk menentukan sumber air pendamping PDAM.

Baca juga: 444 Rumah Dibangun untuk Masyarakat Terdampak Proyek Bendungan Kuningan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.