Tarif Baru Tol Ujung Pandang Tidak Berlaku di Semua Gerbang, Begini Rinciannya

Kompas.com - 11/05/2021, 11:59 WIB
Jalan Tol Layang AP Pettarani merupakan perpanjangan dari Jalan Tol Seksi 1 dan 2 serta tidak ada penambahan gerbang tol baru. MMNJalan Tol Layang AP Pettarani merupakan perpanjangan dari Jalan Tol Seksi 1 dan 2 serta tidak ada penambahan gerbang tol baru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen PT Makassar Metro Network (MMN) resmi memberlakukan tarif baru Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 1, 2 dan 3.

Hal ini menyusul pengoperasian Jalan Tol Layang AP Pettarani (Tol Ujung Pandang Seksi 3) sejak 19 Maret 2021.

Penerapan tarif baru ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 552/KPTS/M/2021 tentang penetapan golongan jenis kendaraan bermotor dan besaran tarif tol Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 1,2 dan 3.

Direktur Utama PT Makassar Metro Network (MMN) Anwar Toha mengatakan pemberlakuan tarif baru tidak berlaku di semua gerbang tol (GT), melainkan hanya di enam GT yakni Cambaya, Ramp Parangloe, Parangloe, Kalukbodoa, Ramp Tallo Timur dan Ramp Tallo Barat.

Baca juga: Mulai 8 Mei, Tarif Baru Tol Ujung Pandang Seksi 1,2, dan 3 Resmi Berlaku

"Penerapan tarif baru hanya diterapkan pada gerbang di Ruas Tol Seksi 1 (Pelabuhan) Seksi 2, dan 3 (Pettarani)," kata Anwar dalam keterangan tertulis, Senin (11/05/2021).

Pengendara yang melewati GT pertama baik di Cambaya atau di Kalukubodoa yang harus membayar tol dengan tarif baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semua pengguna jalan tol membayar tarif yang sama, walaupun tidak menuju atau dari Jalan Tol Layang AP Pettarani, karena Jalan Tol Seksi 1, 2 dan 3 dioperasikan dengan sistem terbuka.

Sementara pengendara yang masuk dari Tamalanrea masih menggunakan tarif lama atau tidak ada kenaikan harga.

Begitupun sebaliknya jika dari arah luar kota atau bandara, GT pertama yakni Biringkanaya, juga masih menggunakan tarif yang lama atau tidak ada kenaikan.

Anwar menuturkan PT Makassar Metro Network (MMN) telah mengadakan pertemuan khusus dengan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Organda Sulawesi Selatan dan Organda Kota Makassar, Asosiasi Bongkar Muat Barang Pelabuhan guna membahas penerapan tarif baru di Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 1,2 dan 3.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X