Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2021, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah panjang jalan tol yang akan beroperasi masih akan terus bertambah. Tahun 2021 ini 19 ruas tol dengan panjang 427 kilometer dipastikan beroperasi.

Dengan demikian, secara keseluruhan Indonesia memiliki panjang 2.764 kilometer jalan tol yang beroperasi hingga akhir 2021

Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama mitra kerja dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus melanjutkan pembangunan sejumlah proyek jalan tol.

Seluruh dari proyek tersebut merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 56 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Perpres 3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

Baca juga: Dirancang dengan Standar Tol, Jembatan Batam-Bintan Bakal Dikenakan Tarif

Secara keseluruhan, 64 proyek tol masuk dalam kategori PSN dan ruas-ruas lainnya yang penting dalam rangka peningkatan konektivitas.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti Kawasan Industri, Pariwisata, Bandara, dan Pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra Saleh Atmawidjaja sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR mengatakan, hingga bulan April tahun 2021 ini tercatat panjang ruas tol yang sudah beroperasi mencapai 2.391 kilometer terbagi dalam 62 ruas yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Total tersebut merupakan akumulasi dari ruas tol yang tuntas dan dioperasikan pada periode 1978-2014 sepanjang 795 kilometer, dilanjutkan periode 2015-2019 (1.298 kilometer), kemudian ditambah 246 kilometer pada tahun 2020, dan 54,69 kilometer dari Januari hingga April 2021.

Endra menuturkan pada periode Januari hingga April 2021, sudah ada tujuh ruas tol baru yang selesai sepanjang 54,69 kilometer, yakni Banda Aceh-Sigli seksi 3 (16 kilometer), Medan-Binjai seksi 1A (4,22 kilometer), Bekasi-Cawang-Kampung Melayu seksi 1A (2,69 kilometer), Serpong-Cinere seksi 1 (6,5 kilometer).

Lalu Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 kilometer), Kayu Agung-Palembang-Betung seksi 1 Tahap 1B (8,23 kilometer) dan Bogor Ring Road seksi 3A (2,85 kilometer).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+