Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecuali Cijago, Tol JORR II Bakal Tersambung Akhir 2021

Kompas.com - 13/04/2021, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II dijadwalkan tersambung pada akhir Tahun 2021, kecuali ruas Cinere-Jagorawi (Cijago).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan hal itu usai peresmian Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ), Senin (12/04/2021).

"Akhir tahun ini, Insya Allah yang JORR II itu tuntas semuanya, kecuali satu (ruas) Cijago," jelas Danang.

Bahkan, dua ruas dari jaringan Tol JORR II yaitu Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2 (On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung) dan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 (Cibitung-Telaga Asih/Cibitung-Gabus Indah) bakal beroperasi fungsional pada Lebaran 2021.

Sementara ruas Cijago, kata Danang, masih terganjal pembebasan lahan pada Seksi III  Kukusan-Cinere hingga saat ini.

Secara keseluruhan, progres pembebasan lahan Tol Cijago sudah mencapai 60 persen dan masih tersisa 40 persen.

Dia berharap, proses pembebasan lahan Tol Cijago bisa segera tuntas dan bisa beroperasional Kuartal I Tahun 2022 mendatang.

Baca juga: Lewat Dua Ruas Tol Ini, Warga Pamulang dan Serpong Bisa Menempuh Perjalanan Menerus ke Bandara Soekarno-Hatta

Untuk diketahui, jaringan Tol JORR II terdiri dari tujuh ruas tol yakni, Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, Tol Serpong-Kunciran, Tol Serpong-Cinere, dan Tol Depok-Antasari.

Kemudian, Tol Cinere-Jagorawi, Tol Cimanggis-Cibitung, serta Tol Cibitung-Cilincing.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang, Kamis (01/04/2021).

Untuk diketahui, konstruksi Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran terbagi menjadi empat Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran-Tirtayasa) sepanjang 2,04 kilometer dan Seksi II (Tirtayasa-Benteng Betawi) sepanjang 3,52 kilometer.

Kemudian, Seksi III (Benteng Betawi-H Sastranegara) sepanjang 6,57 kilometer dan Seksi IV (H Sastranegara-SS Benda) sepanjang 2,06 kilometer.

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran akan dilengkapi lima gerbang tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara.

Selain itu, juga dilengkapi tiga simpang susun (SS), yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda. Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran nantinya juga tersambung dengan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan Jokowi sejak Desember 2019.

Adapun untuk Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,1 kilometer terdiri atas dua seksi, yakni Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer yang sudah rampung, serta Seksi II Pamulang-Cinere sepanjang 3,6 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com