Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Akses Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Telah Dibuka

Kompas.com - 11/04/2021, 13:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh akses Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran telah dibuka resmi sejak Sabtu, 10 April 2021 pukul 14.00 WIB.

PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) telah mengoperasikan seluruh on/off ramp atau akses masuk/keluar jalan tol ini.

Pada awal oeprasional, JKC hanya membuka Gerbang Tol (GT) Kunciran 6, GT Kunciran 7, GT Kunciran 8 dan Gerbang Tol Benda Utama untuk melayani pengguna jalan menerus dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta.

Kini, jumlah GT yang telah beroperasi sebanyak 8 unit. Rinciannya GT Tanah Tinggi 1 dan 2, GT Buaran Indah 1 dan 2, serta GT Pinang 1, 2, 3 dan 4.

Baca juga: Tol Layang Japek Ganti Nama, Akses Masuk Junction Cikunir Ditutup 5 Jam

Direktur PT JKC Agung Widodo mengatakan dengan dioperasikannya seluruh akses jalan tol ini, pengguna jalan asal Pamulang, Serpong dan sekitarnya bisa melakukan perjalanan menerus menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Demikian pula sebaliknya, atau pun hanya menggunakannya dari dan menuju daerah Tanah Tinggi, Buaran Indah dan Pinang.

"Jalan ini juga telah terhubung hingga Pamulang melalui Jalan Tol Kunciran-Serpong dan Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang," ujar Agung dalam keterangan tertulis, Minggu (11/04/2021).

Jalan tol yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 1 April 2021 ini untuk sementara masih dioperasikan tanpa tarif sebagai bentuk sosialisasi kepada pengguna jalan.

Agung berharap dengan telah beroperasinya Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sepanjang 14,19 kilometer, yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol JORR II, dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa.

Selain itu diharakan dapat meningkatkan roda perekonomian di wilayah Jakarta pada umumnya dan kota Tangerang pada khususnya.

"Semoga dapat memperlancar lalu lintas kendaraan terutama arus distribusi barang dan jasa," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com