Melongok Saribu Rumah Gadang, Destinasi Unggulan di Tanah Minang

Kompas.com - 10/04/2021, 15:00 WIB
Revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Dok. Kementerian PUPR.Revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Barat Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menuntaskan revitalisasi kawasan Saribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Rampungnya revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang ini menambah daftar destinasi unggulan di tanah Minang yang siap dikunjungi oleh wisatawan.

Dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (10/04/2021), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, inti penataan kawasan pusaka SRG adalah pemugaran Rumah Gadang.

Baca juga: Heritage Kayutangan, Daya Tarik Baru Wisata Kota Malang

"Dengan melibatkan tukang-tukang tuo yang memiliki keahlian dalam membangun serta membuat ornamen bangunan, seperti ukir-ukiran," tutur Basuki.

Revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat.Dok. Kementerian PUPR. Revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat.
Menurut dia, keahlian ini perlu dipelihara agar kegiatan pemugaran itu menjadi pengalaman berharga bagi masyarakat setempat dalam memelihara tradisi dan keahlian unik.

Basuki menjelaskan, konsep revitalisasi kawasan SRG tetap mengedepankan keutuhan kearifan lokal yang dimulai dari proses identifikasi dan inventarisasi kerusakan Rumah Gadang.

Baca juga: Menara Eiffel Ada di Pelosok Desa, Bentuk Krisis Identitas dan Budaya

Setelah itu, dilakukan proses perencanaan Rumah Gadang dengan melibatkan tim dari Pusat Dokumentasi Arsitektur (PDA) Johny Wongso dan tim dari Universitas Bung Hatta selaku Arsitek Rumah Gadang.

Revitalisasi kawasan rumah adat khas Minangkabau ini merupakan tindaklanjut atas pencanangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Padang, Februari 2018 lalu.

Revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat.Dok. Kementerian PUPR. Revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat.
Untuk diketahui, kawasan SRG berada di area seluas 23,6 hektar yang di dalamnya terdapat ratusan Rumah Gadang Bagonjong, masjid, surau, dan makam berusia ratusan tahun.

Seiring berjalannya waktu, keberadaan Rumah Gadang mengalami kerusakan dan perlu direvitalisasi.

Baca juga: Menengok Cantiknya Homestay untuk Mendukung Perhelatan MotoGP 2021

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X