AIIB Siap Danai Proyek Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 08/04/2021, 13:19 WIB
Ilustrasi konstruksi SHUTTERSTOCK/YUTTANA CONTRIBUTOR STUDIOIlustrasi konstruksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) siap memberikan pinjaman untuk pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

"Kalau diminta kan why not, semua tergantung Pemerintah, artinya persiapan proyeknya seperti apa," kata Vice President Chief Administration Officer AIIB Lucky Eko kepada Kompas.com, Rabu (07/04/2021).

Hanya, kata Lucky, dari dua kali pertemuan bersama Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Raakyat (PUPR) belum ada kepastian seksi dan trase mana dari JTTS yang akan diajukan untuk mendapatkan pembiayaan.

Pihaknya masih menunggu kejelasan trase dari BPJT seraya melakukan pra-tinjau proyek-proyek infrastruktur lainnya yang memiliki potensi tinggi secara investasi, ekonomi, dan dampaknya bagi masyarakat sekitar.

Baca juga: Gerak Maju Tol Trans-Sumatera, Katalis Pertumbuhan Kawasan Industri Baru

Meski demikian, Lucky mengingatkan, untuk mendapatkan pembiayaan, PT Hutama Karya (Persero) sebagai pemegang konsesi JTTS harus memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan ketat dengan standar tinggi yang wajib dipenuhi.

Sejauh proyek yang akan dibangun menarik dan layak secara investasi, dan peminjam dapat memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, maka AIIB dengan senang hati akan turut serta dalam pembiayaan.

"Jadi memang ada sejumlah BUMN yang sudah sangat siap. Karena kami lembaga pembiayaan multilateral, mereka tahu syaratnya tinggi dan harus melakukan ini dan itu, seperti PT PLN (Persero) dan beberapa bank itu sudah biasa," jelasnya.

Contoh syarat yang wajib dipenuhi adalah terkait izin analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) dan sosial.

Kedua hal itu menjadi perhatian utama AIIB dalam memberikan pembiayaan untuk proyek pembangunan apapun.

"Jadi, berbagai macam syarat harus dipenuhi terutama kaitannya dengan lingkungan dan sosial baru kemudian ada namanya acceptability," ucap Lucky.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X