Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan SPAM Umbulan yang Dibangun Medco Energi dan Bangun Cipta

Kompas.com - 22/03/2021, 13:03 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Umbulan di Pasuruan Jawa Timur, Senin (22/03/2021).

"Dengan mengucapkan bissmillahiraahmanirrahim, saya resmikan SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur," kata Jokowi dalam peresmian SPAM Regional Umbulan di Pasuruan Jawa Timur, Senin (22/03/2021).

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, SPAM Regional Umbulan dapat menyediakan kebutuhan air bersih yang langsung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di sejumlah kota dan kabupaten di sekitarnya.

Beberapa kota dan kabupaten adalah Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, dan Kota Surabaya.

Baca juga: Pasok Air Minum Jakarta, SPAM Regional Jatiluhur I Dibangun Kuartal III

"SPAM Umbulan yang telah lama dikerjakan hari ini telah rampung dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat utamanya tadi masyarakat Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, dan Kota Surabaya," lanjut Jokowi.

"Jadi ini air yang keadaannya sudah bersih dari sini langsung bisa dimanfaatkan dan tidak perlu menggunakan penyulingan lagi," imbuh dia.

SPAM Regional Umbulan ini memiliki kapasitas yang sangat besar mencapai 4.000 liter air per detik.

Dengan kapasitas ini mampu melayani 310.000 sambungan rumah (SR) atau 1,3 juta orang.

SPAM Regional Umbulan ini dibangun melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) oleh PT Meta Adhya Tirta Umbulan yang merupakan konsorsium PT Medco Energi Internasional Tbk dan PT Bangun Cipta.

Masa kerja sama selama 25 tahun dengan skela Built Operate Transfer (BOT) sejak tanggal operasional secara komersial.

Investasi yang digunakan untuk membangun SPAM ini senilai Rp 2,05 triliun yang terdiri dari badan usaha senilai Rp 1,232 triliun dan VGF dari Pemerintah yakni Kementerian Keuangan senilai Rp 818 miliar.

"Model pembangunan KPBU ini akan terus kita dorong tidak hanya di SPAM Umbulan saja tetapi juga untuk proyek-proyek yang lain sehingga beban APBN ini juga akan semakin berkurang dan nanti pengelolaannya justru swasta yang harus bergerak," tuntas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com