Kompas.com - 02/03/2021, 20:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nongsa D-Town, Batam, Kepulauan Riau, yang merupakan kolaborasi Sinarmas Land dan Citramas Group diresmikan secara virtual, Selasa (02/03/2021).

Peresmian dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura Chan Chun Sing.

Proyek dengan total estimasi nilai investasi sekitar 3 miliar dollar AS ini dirancang sebagai kawasan ekonomi digital yang akan menjadi jembatan penghubung berbagai perusahaan digital dan teknologi, antara Indonesia dan Singapura.

Pengembangan Nongsa D-Town dipicu potensi pertumbuhan ekonomi digital di kedua negara jiran ini.

Baca juga: Melirik Batam sebagai Pusat Digital Baru di Indonesia

Bahkan, ekosistem start-up Indonesia dianggap paling aktif di Asia Tenggara dan menempati posisi ke-5 di dunia setelah Amerika, India, Inggris, dan Kanada.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia terus bekerja sama secara bilateral dengan Singapura dalam menambah kemampuan berkompetisi, lapangan kerja dan investasi untuk memperkuat stabilitas regional.

Selain itu, Batam memiliki lokasi strategis yang dekat dengan Singapura sehingga keberadaannya sebagai jembatan digital antar kedua negara yang digagas sejak 2017 dapat terwujud.

"Saya harap Nongsa D-Town dapat menjadi akselerator dan memberi dampak signifikan terhadap industri digital di Batam dan juga mendukung kerja sama bilateral Indonesia dan Singapura,” tutur Airlangga.

Nongsa D-Town merupakan pengembangan dari Nongsa Digital Park yang telah diresmikan pada tahun 2018 oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan.Sinarmas Nongsa D-Town merupakan pengembangan dari Nongsa Digital Park yang telah diresmikan pada tahun 2018 oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan.
Hal senada dikatakan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura Chan Chun Sing, bahwa Nongsa D-Town mencerminkan pencapaian dari kerja sama pemerintah dan pelaku usaha kedua negara.

Baca juga: Kembangkan Megasuperblok Batam, Pollux Adopsi teknologi Jerman

Sementara itu, Group CEO Sinarmas Land Michael Widjaja menekankan, Nongsa D-Town diciptakan sebagai konsentrasi generasi muda dalam membangun industri, kreativitas, dan konektivitas di bidang kreatif dan teknologi digital.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.