Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ada Genangan, Contraflow Diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 20/02/2021, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari KM 21 hingga KM 14 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta, Sabtu (20/2/2021) sejak pukul 15.00 WIB.

Pemberlakuan contraflow ini dilakukan karena masih terdapat genangan di Tol Japek KM 19 arah Jakarta yang diakibatkan oleh air Kali Jambe Bekasi Timur.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso mengatakan, saat ini genangan di KM 19 arah Jakarta terpantau berada di bahu jalan, lajur 1 hingga 3, dan hanya lajur 4 yang dapat dilintasi oleh kendaraan.

"Rest Area KM 19 arah Cikampek pun masih dilakukan penutupan," ucap Heru dikutip dari keterangan persnya, Sabtu (20/2/2021).

Selain melakukan rekayasa lalu lintas contraflow, Jasa Marga juga menempatkan petugas untuk melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi genangan.

Kemudian, memfungsikan pompa yang juga bersinergi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) sebanyak 1 unit dengan kapasitas 500 liter per menit serta membuat tanggul untuk menahan aliran air Kali Jambe.

Baca juga: Banjir Surut, 8 Gerbang Tol JORR Seksi S Kembali Dibuka

Sementara itu, untuk ruas jalan tol lainnya, berikut adalah info hingga pukul 15.30 WIB untuk titik genangan di Jalan Tol Jasa Marga Group yang saat ini masih dilakukan penanganan:

Tol Jakarta-Tangerang:

- Km 4 arah Jakarta maupun arah Tangerang saat ini terdapat genangan di L1, L2, dan L3 bisa dilintasi kendaraan.

Saat ini dilakukan penanganan berupa pemasangan tanggul dan pompa.

- Km 24 arah Tangerang, saat ini terdapat genangan di L1, L2 hingga L4 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa.

- Simpang Susun (SS) Bitung, saat ini terdapat genangan di terowongan dan dilakukan penutupan total di off ramp. Kendaraan dialihkan dikeluarkan melalui Gerbang Tol (GT) Cikupa.

Tol Jagorawi:

- Km 3+800 arah Jakarta, saat ini terdapat genangan di L1, L2 sampai dengan L5 dapat dilintasi. Saat ini dilakukan penanganan dengan tanggul dan pompa.

Tol Dalam Kota Jakarta:

- KM 00+100 tergenang, arah Cikampek L2 bisa dilintasi, arah Jakarta L2 bisa dilintasi. Saat ini dilakukan dengan pompa dan pengaturan lalu lintas oleh petugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com