Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flyover Purwosari Resmi Beroperasi Sabtu Ini

Kompas.com - 13/02/2021, 15:21 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Flyover Purwosari di Surakarta, Jawa Tengah, dapat dilintasi pengguna jalan mulai Sabtu (13/2/2021).

Beroperasinya flyover ini menyusul peresmian yang dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kemudian, Walikota Surakarta F.X Hadi Rudyatmo dan Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Agung Budi Waskito.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, Flyover Purwosari semula ditargetkan selesai pada Desember 2020.

"Namun, karena adanya Pandemi Covid-19 kemudian direlaksasi targetnya jadi April 2021. Tapi, Alhamdulillah diselesaikan dua bulan lebih cepat dari target tersebut," ujar Hedy.

Untuk itu, kata Hedy, dia mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik kepada semua pihak yang terlibat atas tuntasnya konstruksi Flyover Purwosari dengan cepat.

Hedy mengatakan, karena letaknya di batas masuk Surakarta, bagian ujung flyover dipercantik dengan ilustrasi Tari Gambyong yang merupakan tarian selamat datang dari Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, dimasukkan unsur beautifikasi berupa motif batik seperti kaum, ceplok, dan lereng yang ditempel di sepanjang retaining wall flyover.

Baca juga: Masuk Tahap Uji Coba, Flyover Purwosari Bakal Beroperasi Awal 2021

Menurut dia, unsur tersebut diberikan sebagai sarana edukasi pada masyarakat tentang motif yang ada di Kota Surakarta.

Pembangunan Flyover Purwosari dikerjakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dengan biaya sebesar Rp 114,2 miliar.

Flyover Purwosari memiliki total panjang struktur 701 meter dengan konstruksi jembatan layang 198 meter.

Kemudian, jalan pendekat menggunakan teknologi timbunan mortar busa yang terdiri dari sisi barat sepanjang 228 meter dan sisi timur 272 meter, serta 2 buah Corrugated Steel Structure (CSS) membentang sepanjang 22 meter.

Paket pembangunan Flyover Purwosari juga mencakup pelebaran dan penanganan jalur lambat sepanjang 2,4 kilometer.

Keberadaan Flyover Purwosari diharapkan dapat mengatasi masalah kemacetan yang kerap terjadi pada jam sibuk di Jalan Slamet Riyadi yang dilalui arus lalu lintas dari arah Kartosuro (Yogyakarta atau Semarang) menuju pusat Kota Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com