Kompas.com - 13/02/2021, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Flyover Purwosari di Surakarta, Jawa Tengah, dapat dilintasi pengguna jalan mulai Sabtu (13/2/2021).

Beroperasinya flyover ini menyusul peresmian yang dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kemudian, Walikota Surakarta F.X Hadi Rudyatmo dan Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Agung Budi Waskito.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, Flyover Purwosari semula ditargetkan selesai pada Desember 2020.

"Namun, karena adanya Pandemi Covid-19 kemudian direlaksasi targetnya jadi April 2021. Tapi, Alhamdulillah diselesaikan dua bulan lebih cepat dari target tersebut," ujar Hedy.

Untuk itu, kata Hedy, dia mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik kepada semua pihak yang terlibat atas tuntasnya konstruksi Flyover Purwosari dengan cepat.

Hedy mengatakan, karena letaknya di batas masuk Surakarta, bagian ujung flyover dipercantik dengan ilustrasi Tari Gambyong yang merupakan tarian selamat datang dari Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, dimasukkan unsur beautifikasi berupa motif batik seperti kaum, ceplok, dan lereng yang ditempel di sepanjang retaining wall flyover.

Baca juga: Masuk Tahap Uji Coba, Flyover Purwosari Bakal Beroperasi Awal 2021

Menurut dia, unsur tersebut diberikan sebagai sarana edukasi pada masyarakat tentang motif yang ada di Kota Surakarta.

Pembangunan Flyover Purwosari dikerjakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dengan biaya sebesar Rp 114,2 miliar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.