Masuk Tahap Uji Coba, Flyover Purwosari Bakal Beroperasi Awal 2021

Kompas.com - 24/12/2020, 09:12 WIB
Flyover Purwosari. Dok. Kementerian PUPR.Flyover Purwosari.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak lama lagi, Flyover Purwosari di Surakarta akan beroperasi penuh pada awal 2021.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Jawa Tengah DIY Satrio Sugeng Prayitno memastikan hal itu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (23/12/2020) malam.

“Kami berkomitmen secara fisik tetap harus diselesaikan akhir tahun ini, meskipun secara administrasi masih sampai 31 Maret 2021. Sehingga, Flyover Purwosari akan menjadi kado untuk masyarakat Surakarta pada awal tahun depan," ujar Satrio.

Pengoperasian penuh Flyover Purwosari pada awal tahun depan ini menyusul telah dilakukan uji coba pembukaan lalu lintas (open traffic) sejak Senin (21/12/2020) dan akan berakhir pada Sabtu (26/12/2020).

Uji coba ini dilakukan dengan membuka 2 lajur dua arah yakni, arah Kartosuro menuju Jalan Slamet Riyadi atau sebaliknya.

Baca juga: Atasi Macet Solo, Kementerian PUPR Bangun Flyover Purwosari

Dari hasil uji coba, pembukaan flyover berpengaruh terhadap kelancaran lalu lintas di titik-titik yang menjadi tempat kemacetan seperti di wilayah Manahan, Tugu Lilin, dan Makam Haji.

Secara fungsional, flyover itu sudah dapat dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat, namun masih perlu pekerjaan minor untuk melengkapi dan mempercantik tampilannya

Misalnya, marka di jalur lambat, penyelesaian kerb, pagar pengaman di atas rel kereta api (tengah FO), pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalur lambat, lansekap, dan pekerjaan beautifikasi.

Flyover Purwosari.Dok. Kementerian PUPR. Flyover Purwosari.

Pembangunan Flyover Purwosari dikerjakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dengan biaya sebesar Rp 104,672 miliar.

Dengan adanya Pandemi Covid-19, alokasi anggaran pada Tahun Anggaran (TA) 2020 berkurang 30 persen dan dialihkan pada TA 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X