Kompas.com - 02/02/2021, 19:30 WIB
Jalan Tol Solo-Ngawi resmi beroperasi Jalan Tol Solo-Ngawi resmi beroperasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan akan menyesuaikan tarif 31 ruas tol yang terbagi dalam tiga klaster.

Klaster pertama adalah 10 ruas tol yang disesuaikan tarifnya mulai Januari hingga April 2021. Sembilan dari 10 ruas tol tersebut sudah berubah tarifnya secara serentak pada 17 Januari dan 30 Januari 2021.

Kesembilan ruas tol tersebut adalah Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Ruas E1, E2, E3, W2U, W2S, S, Akses Tanjung Priok (ATP), Pondok Aren Bintaro-Viaduct Ulujami, dan Tol Surabaya-Gempol.

Kemudian Tol Palimanan-Kanci, Tol Kanci-Pejagan, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Semarang Seksi A, B, dan C, Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang atau Cipularang, Tol Padalarang-Cileunyi atau Padaleunyi, dan Tol BORR Simpang Yasmin-Semplak.

Klaster kedua sebanyak tujuh ruas tol yang akan dimulai pada Mei-September 2021.

Baca juga: Resmi, Tarif 8 Ruas Tol Naik Serentak Minggu 17 Januari

Selanjutnya, klaster tiga mencakup 14 ruas tol yang akan mengalami penyesuaian tarif rentang Oktober hingga Desember 2021.

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra Saleh Atmawidjaja menuturkan, penyesuaian tarif ini mengacu pada Undang-undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Dalam PP tersebut juga dicantumkan mengenai Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan kewenangannya serta penyesuaian tarif yang terdapat pada Pasal 68.

"Ada disebutkan bahwa setiap dua tahun, BPJT berhak mengajukan penyesuaian tarif. Namun, kami di Kementerian PUPR melihat dari dua sisi, sisi publik dan sisi perusahaan," ujar Endra dalam konferensi pers virtual, Selasa (02/02/2021).

Untuk sisi publik, jelas Endra, BPJT melakukan evaluasi terkait pemenuhan standar pelayanan minimum (SPM) jalan tol terkait.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X