Tarif Tol Desari Seksi Antasari-Brigif Segera Naik, Ini Rinciannya

Kompas.com - 26/11/2020, 19:08 WIB
Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi II Brigif-Sawangan. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAJalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi II Brigif-Sawangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Citra Waspphutowa mengumumkan dalam waktu dekat akan memberlakukan penyesuaian tarif Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi I Antasari-Brigif.

Sekretaris Perusahaan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk Indah Dahlia Lavie membenarkan  pemberlakuan penyesuaian tarif tersebut.

"Waktu tepat pemberlakuan penyesuaian tarif tol akan diinformasikan lebih lanjut. Saat ini sedang dilakukan sosialisasi dulu kepada pengguna jalan terkait rencana pemberlakuan penyesuaian tarif tol," tutur Indah kepada Kompas.com.

Dengan penyesuaian ini, terjadi kenaikan tarif di seluruh golongan kendaraan dengan rentang Rp 500 hingga Rp 1.000.

Baca juga: Tol BORR Yasmin-Semplak Bisa Dilintasi Saat Libur Nataru

Golongan I misalnya, tarif sebelumnya Rp 7.500, dengan penyesuaian ini menjadi Rp 8.000. Demikian halnya dengan Golongan II dari sebelumnya Rp 11.500 menjadi Rp 12.000.

Ada pun Golongan III dipatok Rp 12.000 dari sebelumnya Rp 11.500, sedangkan Golongan IV dan V menjadi Rp 16.000 dari sebelumnya Rp 15.000.

Berikut rincian tarif baru Tol Depok-Antasari Seksi I Antasari-Brigif:

  • Golongan I Rp 8.000
  • Golongan II Rp 12.000
  • Golongan III Rp 12.000
  • Golongan IV Rp 16.000
  • Golongan V Rp 16.000

Jalan Tol Desari dirancang dengan total panjang keseluruhan 21,6 kilometer dan terbagi dalam empat Seksi.

Seksi I (Antasari-Brigif) sepanjang 5,80 kilometer yang sudah diresmikan dan beroperasi pada 2018, dan Seksi II (Brigif-Sawangan) sepanjang 6,30 kilometer.

Kemudian Seksi III (Sawangan-Bojong Gede) sepanjang 9,50 kilometer, dan Seksi IV (Bojong Gede-Salabenda) sejauh 6,4 kilometer.

Pembangunan jalan tol ini merupakan salah satu contoh kerja sama antara swasta dengan BUMN, yakni antara PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) proyek ini dilakukan pada tahun 2006 silam dengan investasi mencapai Rp 2,99 triliun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X