Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Chatrium, Kemewahan Klasik di Tengah Modernitas Bangkok

Sebut saja Kempinski, Four Seasons, The St Regis, Mandarin Oriental, Rosewood, Conrad, Park Hyatt, Waldorf Astoria, The Athene a Luxury Collection, dan Capella. 

Belum lagi jenama lainnya yang baru memasuki pasar Bangkok yang berlokasi di tepi sungai di Jalan Charoen Krung dan kawasan Sathon-Rama IV.

Lokasi ini dianggap sebagai zona paling hot di Bangkok di mana sejumlah besar kamar hotel mewah baru diproyeksikan akan dibuka pada tahun 2023-2025.

Menurut Direktur Penelitian dan Komunikasi Colliers Thailand Phattarachai Taweewong lokasi di sepanjang Sungai Chao Phraya di Jalan Charoen Krung akan memiliki jumlah kamar hotel mewah baru terbesar, dengan 1.841 kunci dari lima hotel yang dibuka dalam beberapa tahun ke depan.

“Jumlah tersebut akan mencapai hampir setengah dari total pasokan baru kamar hotel mewah pada periode tersebut,” ujarnya, seperti dikutip dari Bangkok Post.

Kondisi ini akan meningkatkan pangsa pasar kawasan tepi sungai dari saat ini sebesar 24 persen, menjadikannya sebagai pasokan hotel mewah terbesar ketiga di Bangkok.

Pasokan kamar hotel mewah baru terbesar kedua akan berada di kawasan Sathon-Rama IV dengan total 1.161 kamar dari tiga hotel.

Sekitar 1.122 unit dijadwalkan dibuka pada tahun 2023, diikuti oleh 1.934 pada tahun 2024 dan 669 pada tahun 2025.

“Pembukaan hotel-hotel ini merupakan faktor positif yang membantu pemulihan sektor pariwisata dan bisnis hotel,” kata Phattarachai.

Hasilnya, tingkat okupansi hotel-hotel mewah di Bangkok pada semester pertama meningkat menjadi 41 persen, dari 24 persen pada semester kedua tahun 2022.

Momentum ini akan terus berlanjut tahun ini dengan perkiraan tingkat okupansi sebesar lebih dari 50 persen, didorong oleh penghapusan sistem Thailand Pass dan perluasan skema “We Travel Together”, paket subsidi untuk wisatawan domestik.

Salah satu penerima manfaat dari kembali pulihnya sektor pariwisata dan bisnis perhotelan Bangkok adalah  Chatrium Hospitality.

General Manager Chatrium Grand Bankok Daniel Kerr menuturkan, lokalitas dan nilai-nilai budaya Thailand ini yang membedakannya dengan hotel mewah lainnya.

Tak mengherankan, sejak operasional pertama kali hingga Oktober 2023, tingkat okupansi telah mencapai lebih dari 60 persen. Tamu yang menginap dari berbagai negara Asia Tenggara, Timur Tengah, Rusia, dan China.

"Bahkan, bila ada event-event besar tingkat penghunian kamar bisa mencapai 80 persen," ungkap Daniel.

Chatrium Grand Bangkok mengundang para tamu untuk merasakan puncak kemewahan dalam kamar dan suite selama liburan di jantung kota Siam.

Fasilitas akomodasi ini dirancang untuk tidak hanya bagi pasangan, melainkan juga keluarga yang menginginkan lebih banyak ruang untuk bersantai.

Suite multi-kamar tidur Chatrium Grand Bangkok memadukan desain yang terinspirasi seni dan elemen lokal dengan fasilitas intuitif dan teknologi canggih.

Sementara suite eksekutif dua kamar tidurnya dirancang sebagai tempat peristirahatan mewah dengan ruang tamu elegan dan terbuka seluas 119 meter persegi, fasilitas khas, dan perabotan mewah.

Sedangkan suite tiga kamar tidur membangkitkan perasaan hunian pribadi premium, terletak di ketinggian pencakar langit. Cocok untuk keluarga besar dan kelompok intim pertemanan yang mencari pengalaman.

Dengan luas 170 meter persegi, karya seni orisinal menghiasi dinding, tempat tidur dengan seprai mewah, mesin kopi kapsul, dan jendela setinggi langit-langit yang membingkai pemandangan cakrawala Bangkok, akan menambah semangat setiap liburan Anda.

Interior setiap suite di Chatrium Grand Bangkok mencerminkan semangat Siam. Perabotannya menggunakan pola kain sutra yang menghormati Jim Thompson.

Sosok ini merupakan pedagang sutra legendaris yang tinggal hanya beberapa langkah dari lokasi hotel, dan sandaran kepala ikonik di setiap kamar tidur mengambil inspirasi dari bunga teratai, simbol ikonik keanggunan dan keanggunan Thailand.

Chatrium Grand Bangkok Hotels and Residences sendiri merupakan hotel mewah di pusat ibu kota Thailand, dengan akses langsung ke mal gaya hidup Siam Paragon.

Tempat peristirahatan ikon bintang lima ini memiliki 582 kamar dan suite, dilengkapi empat restoran dan lounge, kolam renang sepanjang 40 meter, klub anak-anak, pusat kebugaran, SPA oleh THANN Wellness Sanctuary dan ruang acara yang luas, termasuk Grand Ballroom 500 meter persegi dengan dinding LED.

Memadukan layanan khusus dan fasilitas internasional dengan warisan budaya Thailand yang indah, Daniel mengeklaim hotel ini memberikan setiap tamu “Feel the Remarkable”.

Chatrium Hospitality 

Adalah Chatrium Hospitality yang didirikan dan berbasis di Thailand, sebagai pengelola sekaligus pemilik Chatrium Grand Bangkok Hotels and Residences.

Selain di Bangkok, mereka juga mengelola dan memiliki fasilitas serupa lainnya di Chantaburi Thailand, Yangon Myanmar, dan Hokaido Jepang.

Dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Managing Director Chatrium Hospitality Savitri Ramyarupa mengatakan,  Chatrium Grand Bangkok merupakan hotel andalan Perusahaan yang menjadi tengara (landmark) perkotaan baru.

Sebagai anggota pertama dari koleksi kemewahan Chatrium Hospitality, hotel bintang lima ini merepresentasikan standar tertinggi keramahtamahan internasional, sekaligus menampilkan keanggunan otentik budaya Thailand melalui desain interior dan layanan ramah.

"Saat Thailand bersiap memasuki high season penuh pertamanya dalam tiga tahun, adalah waktu yang tepat untuk memulai era baru yang menarik ini. Kami berharap dapat memberikan sambutan hangat kepada pelanggan kami dari seluruh dunia,” kata Savitri.

Chatrium Hospitality dimiliki oleh City Realty, sayap bisnis real estate keluarga Sophonpanich. Mereka membangun Chatrium Grand Bangkok Hotels and Residences dengan investasi sebesar 5,5 miliar Baht atau ekuivalen Rp 2,5 triliun.

Nama-nama besar seperti firma arsitektur Robert Philip Holmes, dan DWP, studio desain global ditugaskan untuk menciptakan sebuah hotel mewah yang benar-benar ikonik dan unik.

Tak hanya di Thailand, Myanmar, dan Jepang, mereka juga tengah menjajaki untuk membuka dan mengoperasikan Chatrium Hotel di Indonesia.

 

https://www.kompas.com/properti/read/2023/10/30/073000521/chatrium-kemewahan-klasik-di-tengah-modernitas-bangkok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke