Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Buka Puasa di Posko Lebaran Cilacap, Tenda Sederhana Serba Ada

Tujuan selanjutnya adalah Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah yang berjarak sekitar 91 kilometer dari Pangandaran lewat Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa.

Sebelum meninggalkan Pangandaran, Tim Merapah Kompas.com menyempatkan diri untuk mampir ke Pantai Batu Hiu dan Pantai Karang Tirta.

Perjalanan menuju Cilacap dilanjutkan pada pukul 15.30 WIB lewat jalan nasional. Berdasarkan pantauan langsung Kompas.com, jalan nasional di perbatasan Pansela Jawa Barat dan Pansela Jawa Tengah sangat layak menjadi jalur mudik.

Selain kondisi jalan yang mulus, lingkungan di sekitarnya merupakan permukiman, sehingga pemudik bisa dengan mudah menemukan masjid, musala, toilet, minimarket hingga Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU).

Masuk ke daerah Cilacap, pengguna jalan akan melewati rute yang berliku-liku dengan pemandangan pohon jati.

Ditemukan banyak truk barang melintas, yang menandakan jalur ini juga bermanfaat untuk mobilitas kendaraan logistik.

Memasuki waktu magrib sekitar pukul 17.45 WIB, Tim Merapah Kompas.com menemukan Posko Lebaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 2023 di Desa Jeruklegi Kulon, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap untuk berbuka puasa.

Tepatnya, Posko Lebaran PUPR 2023 ini dikelola oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Satker PJN Wilayah II, PPK 2.1.

Penilik Jalan sekaligus pengelola Posko Lebaran, Wiwit Margiono mengatakan, Posko Lebaran PUPR 2023 mulai dibuka pada H-10 Lebaran atau tanggal 12 April 2023 hingga H+10 Lebaran yang diperkirakan jatuh pada 2 Mei 2023.

"Ada dua shift, mulai pukul 08.00-20.00 WIB dan pukul 20.00-08.00 WIB. Jadi dibuka 24 jam," jelas Wiwit.

Dari depan, terdapat spanduk besar berwarna putih yang dipasang secara vertikal sebagai penanda keberadaan Posko Lebaran.

Dari luar, posko dibangun dari tenda terpal berwarna putih dengan lambang Kementerian PUPR, lengkap dengan call center yang bisa dihubungi. 

Tersedia lahan parkir di sisi kanan, kiri dan depan yang cukup luas. Agar suasana terasa lebih hidup, dipajang pula sejumlah tanaman hias di depan posko.

Masuk ke dalam, interior tenda berwarna hitam dengan dua lubang jendela sebagai ventilasi dan satu pintu masuk.

Di sisi kanan, telah disediakan kursi layaknya ruang tamu di rumah, lengkap dengan bunga hias dan asbak.

Di sisi kiri, tersedia kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), kasur lantai, meja, kursi administrasi dan peta.

Untuk kebutuhan toilet dan musala, pengelola Posko Lebaran telah mengantisipasi lewat kerja sama dengan pihak restoran di sampingnya, sehingga pemudik yang tengah beristirahat juga bisa menggunakannya.

"Kalau ini ramainya pas H+10 Lebaran, kan Pangandaran (pantai) itu, dipakai liburan," tandas Wiwit.

Waktu tempuh dari Pangandaran menuju Cilacap lewat Pansela dengan kondisi normal hanya sekitar 2 jam perjalanan.

Setelah melakukan peliputan, istirahat sekaligus buka puasa, Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com 2023 tiba di penginapan daerah Cilacap pukul 21.30 WIB.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/04/14/060754921/cerita-buka-puasa-di-posko-lebaran-cilacap-tenda-sederhana-serba-ada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke