Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Merapah Pansela Jawa 2023 Dimulai, Tol Bocimi Jadi Pelintasan Pertama

Berbeda dari tahun sebelumnya, Tim Merapah Kompas.com tahun ini akan menyusuri jalur mudik di Lintas Selatan Jawa.

Perjalanan dimulai dari Jakarta menuju Ciletuh melalui Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dengan waktu keberangkatan pukul 07.00 WIB.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2018 telah meresmikan Tol Bocimi Seksi 1. Untuk Tol Bocimi Seksi 2 direncanakan beroperasi secara fungsional pada mudik Lebaran 2023.

Tim Merapah Kompas.com berkesempatan untuk menjajal langsung Tol Bocimi Seksi 2 yang bakal dioperasikan secara fungsional bulan ini.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, saat ini fisik tol sudah siap untuk dilalui, meskipun masih terdapat pekerjaan dinding penahan tanah (DPT) dan kerapian tol.

Site QHSE Tol Bocimi Aswien Januar mengatakan, progres proyek Tol Bocimi Seksi 2 telah mencapai 95 persen.

"Juni 2023 direncanakan beroperasi secara resmi," jelasnya saat ditemui Kompas.com.

Dari Tol Bocimi Seksi 2, Tim Merapah Kompas.com keluar lewat Gerbang Tol (GT) Parungkuda dan melanjutkan perjalanan lewat jalan nasional menuju Ciletuh.

Tampak pula para pengemudi yang beristirahat sejenak di pinggir jalan sembari membagikan potongan makanannya ke monyet-monyet tersebut.

Untuk masuk dan mendaki di Curug Sodong, pengunjung cukup membayar biaya sebesar Rp 5.000. Pembayaran bisa dilakukan dengan tunai atau QRIS.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/04/11/163000821/merapah-pansela-jawa-2023-dimulai-tol-bocimi-jadi-pelintasan-pertama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke