Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

40 Hektar Lahan di Bendungan Sepaku Semoi Bakal Jadi Area Hijau

JAKARTA, KOMPAS.com - 40 hektar lahan di Bendungan Sepaku Semoi, Kalimantan Timur bakal diubah menjadi area hijau.

"Area yang kami siapkan untuk penghijauan lanskap awal ini ada 40 hektar," kata Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Harya Muldianto menjawab Kompas.com dalam Press Tour Pembangunan Infrastruktur IKN, Jumat (13/1/2023).

Saat ini, lahan untuk green belt Bendungan Sepaku Semoi tersebut masih dalam proses pembebasan lahan.

Sementara Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Danis H Sumadilaga mengatakan, setiap proyek yang dibangun di ibu kota negara baru tersebut harus menyediakan 75 persen lahan untuk area hijau.

Pada rancangan awal, area hijau yang bakal disediakan hanya sebesar 40 persen dari total luas lahan proyek.

"Dari kondisi 40 persen ke 75 persen itu reforestation bukan deforestation, menghutankan kembali. Itu menjadi acuan kita dalam setiap mengembangkan," tutur Danis.

Selain itu, area hijau yang dibangun tidak selalu dalam bentuk hamparan pepohonan, tetapi juga bisa berupa taman.

Hingga saat ini, desain penghijauan di area Bendungan Sepaku Semoi yang sudah dirancang adalah penanaman pohon produktif, seperti sukun dan aren.

Bendungan Sepaku Semoi yang sudah mencapai 82,5 persen penyelesaian ini juga berpotensi menjadi daerah pengembangan wisata.

"Pak Harya sekarang sedang mendesain, bendungan ini kami desain menjadi pariwisata air. Ini sedang didesain untuk lanskap dan juga untuk pertanian, penanaman pohon-pohon yang produktif," imbuh Danis.

Infrastruktur sumber daya air (SDA) ini bakal menjadi sumber penyedia air baku di IKN sebesar 2.500 liter per detik dan mereduksi banjir hingga 55,26 persen.

Ditargetkan pada Juni 2023, Bendungan Sepaku Semoi bisa impounding dan menyediakan air baku untuk 2 juta penduduk di kawasan IKN sampai dengan tahun 2035.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/01/16/053000021/40-hektar-lahan-di-bendungan-sepaku-semoi-bakal-jadi-area-hijau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke