Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gampang dan Murah! Basmi Jamur di Rumah Hanya Dengan Cuka

Apalagi, jamur mudah tumbuh di tempat-tempat lembab seperti kamar mandi, kabinet dapur, area sekitar wastafel, dan lainnya.

Untuk membersihkannya, Anda memerlukan alat dan metode yang berbeda-beda, tergantung tipe jamur yang menyerang.

Salah satu bahan yang bisa Anda gunakan untuk menyingkirkan infeksi jamur adalah dengan menggunakan cuka.

Seperti dikutip dari The Spruce, cuka memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga dapat membunuh jamur dengan cara yang lebih aman dan tidak berbahaya.

Setiap cuka memiliki tingkat keasaman yang berbeda-beda. Tingkat keasaman yang Anda butuhkan untuk membersihkan jamur adalah 4-4,2 persen atau lebih tinggi.

Anda bisa menggunakan cuka yang biasa ditemui di dapur untuk memasak atau makanan, cuka jenis ini biasanya memiliki tingkat keasaman sekitar 5 persen.

Sedangkan cuka yang dikhususkan untuk membersihkan kotoran biasanya memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi sekitar 6 persen.

Jika ingin menggunakan metode ini untuk membasmi jamur, Anda disarankan untuk menggunakan alat-alat pengaman seperti sarung tangan, masker, dan kaca mata pengaman bila diperlukan.

Sebelum memulai proses pembersihan, siapkan alat-alat pembersih lainnya seperti spons serta kain basah.

Setelah menggunakan alat-alat pengaman, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memastikan ventilasi udara berjalan dengan baik.

Anda bisa membuka jendela, pintu, atau menghidupkan exhaust fan agar ruangan tidak dipenuhi dengan partikel udara dari cuka.

Selanjutnya, Anda bisa menyemprotkan cairan cuka ke area yang diserang jamur. Diamkan selama kurang lebih satu jam sebelum menggosoknya menggunakan spons atau lap basah.

Jika sudah bersih, cek adakah perubahan warna pada permukaan yang terekspos cuka. Bila ada, Anda bisa menggunakan pemutih berbasis oksigen untuk menghilangkan noda.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/31/130000921/gampang-dan-murah-basmi-jamur-di-rumah-hanya-dengan-cuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke