Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

90 Rumah Subsidi di Kawasan Penyangga IKN Dapat Bantuan PSU Rp 473,27 Juta

Perumahan tersebut berada di kawasan penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yakni di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Besaran bantuan yang diberikan Kementerian PUPR di perumahan itu diperuntukkan bagi 90 unit rumah subsidi.

“Adanya bantuan PSU dari Kementerian PUPR (ini), maka masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) kini bisa tinggal di rumah bersubsidi dengan fasilitas yang baik,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam rilisnya, Kamis (29/12/2022).

Berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Bantuan Pembangunan Perumahan dan Penyediaan Rumah Khusus, pemerintah akan terus menyalurkan bantuan pembangunan perumahan untuk mensejahterakan masyarakat.

Bantuan pembangunan perumahan yang diberikan oleh pemerintah dapat berupa bantuan PSU, rumah susun (rusun), dan rumah swadaya.

PSU merupakan bantuan pembangunan berupa penyediaan komponen untuk meningkatkan perumahan yang layak bagi MBR.

“Kami harap bantuan pembangunan PSU berupa jalan beton ini bisa membuat masyarakat tinggal dengan nyaman," tambah dia.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Timur Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II, Mustofa Otfan menerangkan lokasi  perumahan yang mendapatkan bantuan PSU berada di di pinggir Jalan Sukarno Hatta Kilo 21, Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara.

“PSU di perumahan subsidi tersebut dibangun mulai 27 Juli 2022 hingga 24 Oktober 2022 dan saat ini sudah selesai 100 persen," lanjutnya.

Direktur PT Bumi Karya Mentari Jojo Surianto selaku pengembang perumahan bersubsidi Mentari Village berpendapat, pihaknya sangat terbantu dengan adanya bantuan PSU dari Kementerian PUPR.

Bantuan tersebut dinilai mampu meningkatkan minat masyarakat untuk memiliki rumah subsidi dengan harga terjangkau.

“Harga jual rumah subsidi ini juga sangat terjangkau yakni Rp 164,5 juta dan bisa dikatakan ini adalah rumah subsidi rasa komersil karena fasilitasnya sangat baik," papar Jojo. 

Ia menambahkan sebagai pengembang, perusahannya juga membangun jalan beton secara swadaya sepanjang 36,8 meter.

"Dengan dengan bantuan PSU ini, jalan lingkungan di perumahan bersubsidi semakin baik dan berkualitas,” tandasnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/29/150000321/90-rumah-subsidi-di-kawasan-penyangga-ikn-dapat-bantuan-psu-rp-473-27

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke