Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Rumah Naik, Depok dan Bogor Jadi "Sunrise Area" Properti

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga rumah di Depok dan Bogor tercatat naik pada paruh terakhir tahun 2022.

Berdasarkan Flash Report Rumah123.com Desember 2022, dua kawasan di Jawa Barat tersebut menunjukkan potensi sebagai sunrise area bagi properti.

Hal ini dipengaruhi oleh dukungan infrastruktur yang memadai, lokasi yang dekat dengan DKI Jakarta, hingga ketersediaan lahan yang masih banyak.

Namun berbeda dengan Depok, pertumbuhan harga di area Bogor masih menunjukkan fluktuasi, meski memiliki tren yang naik secara umum.

Sementara dari luar Jabodetabek, harga rumah seken di Surabaya mengalami kenaikan berkisar antara 0,1 persen hingga 0,6 persen secara bulanan selama semester II-2022.

Country Manager 99 Group Indonesia Maria Herawati Manik menjelaskan, Surabaya jadi salah satu kota yang punya daya tarik tersendiri, khususnya di timur Jawa.

"Maka tidak heran, kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia ini jadi target ekspansi pasar 99 Group," kata Maria dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (23/12/2022).

Pihaknya akan terus berupaya untuk membantu meningkatkan digital marketing awareness para pelaku bisnis properti di Surabaya agar lebih mampu menjangkau konsumen yang kini lebih aktif mencari hunian secara online.

Selain itu, Yogyakarta dan Surakarta mencatatkan penurunan harga sebesar 0,2 persen dan 1,5 persen secara berurutan.

Pada bulan sebelumnya, Yogyakarta mencatatkan kenaikan yang cukup tinggi sekitar 5,1 persen. Ini mengindikasikan kondisi pasar yang masih cukup fluktuatif di Yogyakarta.

Pada November 2022, pertumbuhan proporsi pencarian properti tercatat di Denpasar sebesar 0,9 persen, pertumbuhan ini juga tercatat pada bulan Oktober 2022 sebesar 0,2 persen.

Kendati demikian, kondisi ini terjadi bersamaan dengan penurunan harga yang terjadi di Denpasar dalam dua bulan terakhir.

Pada bulan Oktober 2022 tercatat penurunan harga properti di Denpasar sebesar 6,1 persen dan November sekitar 2,3 persen.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/24/080000821/harga-rumah-naik-depok-dan-bogor-jadi-sunrise-area-properti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke