Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Pantang untuk Kamar Tidur

Kamar tidur merupakan tempat paling nyaman untuk beristirahat usai seharian bekerja keras. Karena itu, sebaiknya warna cat rumah bagian dalam yang dipilih dapat memberikan energi yang baik.

Meskipun warna cat rumah bagian dalam yang mencolok tampak menarik secara visual, namun dapat berdampak negatif pada kesehatan mental, atau emosional Anda.

Berikut 5 pilihan warna cat yang tak boleh diaplikasikan pada dinding kamar tidur seperti dikutip dari House Digest. 

Merah

Warna merah dinilai dapat membangkitkan perasaan marah dan gairah yang kuat dalam diri seseorang ketika melihatnya.

Warna ini kerap digunakan sebagai tanda bahaya sehingga dapat memicu adrenalin pada manusia dan membuat tidur tidak nyenyak.

Namun, demikian, bila hanya dalam jumlah sediki, penggunaan warna merah dapat menambah kehangatan dan kesan modern canggih pada ruangan.

Kuning

Kamar tidur berwarna kuning sangat populer di akhir abad ke-20 dan masih sering digunakan hingga saat ini.

Namun, terlalu banyak warna kuning di dalam ruangan dapat merusak suasana hati dan pola tidur seseorang secara keseluruhan.

Warna kuning jauh lebih cocok digunakan dalam ruang belajar atau kantor karena dapat membantu seseorang merasa lebih waspada untuk menyelesaikan tugasnya.

Ahli teori warna tidak menyukai penggunaan warna oranye di kamar tidur karena akan memunculkan perasaan antusias berlebihan. 

Karena warna oranye bisa merangsang kreativitas dan stimulasi, pengaplikasian warna ini ke dalam dekorasi kamar tidur dapat membuat pikiran Anda sibuk di malam hari.

Sama seperti warna kuning, oranye juga jauh lebih cocok untuk digunakan di dalam kantor atau ruang belajar.

Coklat tua

Tak hanya warna-warna terang, penggunaan warna yang lebih gelap seperti coklat tua juga tidak disarankan penggunaanya di kamar tidur.

Warna coklat tua dapat memberikan tampilan yang kusam pada kamar. Selain itu, warna ini juga berdampak negatif pada pola tidur karena mendorong timbulnya perasaan tidak pasti yang membuat orang terjaga di malam hari.

Jika Anda bersikeras memasukkan warna coklat ke area dinding, padukanlah dengan warna terang seperti oranye.

Hitam

Meskipun mengecat dinding dengan warna hitam yang bisa membuat ruangan terlihat trendi, namun sebaiknya tak digunakan pada kamar tidur.

Warna hitam dapat memicu emosi negatif pada orang yang melihatnya, terutama kesedihan, kemarahan, dan ketakutan.

Dalam feng shui, warna hitam dianggap menyerap energi dalam jumlah yang signifikan dari suatu ruang sehingga justru membuat aura tidak seimbang.

Warna hitam masih bisa tetap ditempatkan di kamar tidur. Hanya saja dalam jumlah kecil seperti digunakan sebagai furnitur atau elemen dekorasi lainnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/08/194500221/5-warna-cat-rumah-bagian-dalam-yang-pantang-untuk-kamar-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke