Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebentar Lagi, Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Tak Lagi Gratis

Plh Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mahbullah Nurdin mengatakan, dengan begitu, jalan bebas hambatan berbayar tersebut tak lagi gratis dilewati.

"Jalan tol yang baru diresmikan Presiden RI 19 September ini memang sebentar lagi, tidak gratis lagi," terang Nurdin dalam Focus Group Discussion (FGD), Jumat (30/9/2022).

Untuk itu, Nurdin meminta agar Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola Tol Serbaraja yakni, PT Trans Bumi Serbaraja, menyosialisasikan informasi tersebut, baik berupa spanduk maupun media sosial.

Sebelumnya, Tol Serbaraja Seksi 1A telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersamaan dengan Tol Cibitung-Cilincing, 19 September 2022.

Ketika dibuka untuk masyarakat, tol ini bisa dilalui tanpa tarif alias gratis yang berlaku selama 14 hari.

Penetapan tarif yang dimaksud Nurdin ini sudah tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 1115/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A (Serpong-SS BSD).

Lalu, Kepmen PUPR Nomor 1116/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Golongan Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A (Serpong-SS BSD).

Berikut besaran tarifnya:

  • Golongan I: Rp 5.500
  • Golongan II: Rp 8.500
  • Golongan III: Rp 8.500
  • Golongan IV: Rp 11.000
  • Golongan V: Rp 11.000

Kehadiran Tol Serbaraja diharapkan dapat meningkatkan konektivitas menuju Merak dan Lampung yang rencananya akan terhubung dengan Tol Tangerang-Merak.

Selain itu, jalan tol ini akan menjadi akses penting dalam mendukung kebutuhan logistik kawasan industri di Tangerang hingga Serang dan Cilegon.

Nantinya, Tol Serbaraja juga akan terkoneksi dengan sejumlah jalan tol lainnya yaitu Tol Serpong-Ulujami yang terkoneksi dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan JORR 2.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/09/30/200000421/sebentar-lagi-tol-serpong-balaraja-seksi-1a-tak-lagi-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke