Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Garap Pasar Milenial, Synthesis Tawarkan Subsidi Uang Muka

Kemudahan pembayaran itu salah satunya adalah subsidi uang muka atau down payment (DP) lima persen serta angsuran satu persen.

Selain subsidi, perusahaan juga menawarkan skema pembayaran tunai keras yang dapat diangsur enam kali, tunai bertahap yang dapat diangsur 24 kali.

Dalam menjalankan sistem pembayaran ini, Syntehsis Development menggandeng sejumlah perbankan di antaranya KPR Bank Mandiri.

Managing Director Synthesis Huis Aldo Daniel mengatakan, perusahaannya berupaya memberikan kontribusi membantu mewujudkan impian milenial memiliki rumah dengan menghadirkan Synthesis Huis di wilayah Cijantung, Jakarta Timur.

"Hunian ini dapat dijadikan pilihan oleh semua kalangan termasuk executive millenial. Hal ini merupakan dukungan kami menepis pandangan masyarakat terhadap milenial yang kesulitan punya rumah di Jakarta," ujar Aldo dalam  diskusi bertema “Kelola Rencana Keuangan Ala Milenial Miliki Properti,” yang digelar di marketing gallery Synthesis Huis, Kamis (29/9/2022).

Dia menambahkan, Synthesis Huis bukan sekadar hunian yang nyaman ditinggali melainkan bisa dijadikan sebagai opsi investasi.

Hal ini didukung lokasi perumahan yang dekat dengan sejumlah akses transportasi mulai dari angkutan umum perkotaan, Transjakarta, Jalan Tol JORR, hingga Stasiun LRT Ciracas.

Harapannya, selain mempermudah dari sisi pembiayaan, penjualan unit Synthesis Huis dapat terjual sesuai target yang direncanakan.

"Hingga saat ini, dari total 215 unit yang ditawarkan, sudah terjual sekitar 60 persen atau 93 unit. Kami sedang dalam proses pembangunan dengan serah terima bertahap mulai akhir 2023," imbuh Aldo.

Solusi rumah bagi milenial

Dalam kesempatan yang sama Founder PT Daya Uang Indonesia Tangguh Lolita Setyawati memaparkan solusi dan strategi perencanaan keuangan yang bisa dilakukan generasi milenial untuk mempunyai rumah.

Menurut Lolita, masalah terbesar generasi milenial saat ini salah satunya adalah gaya hidup. Sebetulnya milenial itu mampu membeli rumah asalkan menerapkan strategi perencanaan keuangan secara matang.

Terpenting adalah mengatur cash flow, berusaha mengalokasikan sebagian penghasilan mereka untuk tabungan uang muka mencicil rumah.

“Merencanakan keuangan salah satu cara termudah untuk bisa memiliki rumah, apalagi harga properti tiap tahun mengalami kenaikan yang relatif tinggi. Hal pertama yang harus dilakukan milenial adalah mengubah mind set, berfikir visioner untuk membeli rumah. Mereka harus fokus mencapai target,” jelas Lolita.

Semakin besar penghasilan, tentunya porsi tabungan untuk investasi lebih besar. Ada baiknya fokus ingin punya rumah seperti apa, lokasinya di mana, harga sesuai kemampuan. Upayakan menabung untuk uang muka jika ingin membeli rumah secara KPR.

"Saran saya, milenial harus melek investasi di instrumen yang menghasilkan lebih tinggi dari kenaikan harga properti pertahun yaitu enam persen,” ujar Lolita.

Bicara investasi properti, Vice President Consumer Loans Group Bank Mandiri Ayu Pertiwi menambahkan, ada beragam keuntungan investasi properti sebagai instrumen paling aman yang nilainya tidak pernah turun.

Investasi properti dapat terlihat pada data serapan KPR sebelum dan sesudah pandemi. Berdasarkan data Laporan Survei Properti Residensial di Pasar Primer oleh Bank Indonesia pada Triwulan I-2022 mayoritas konsumen masih menggunakan KPR dalam pembiayaan propertinya yakni 70 persen.

Sementara pertumbuhan KPR mengalami kenaikan sebesar 10,61 persen secara tahunan, atau lebih tinggi dari triwulan sebelumnya (9,76 persen).

"Adapun booking KPR Mandiri khususnya perumahan primer mengalami kenaikan sebesar 23 persen hingga Agustus 2022 dibanding tahun lalu," kata Ayu.

Menurut Ayu, saat ini Bank Mandiri juga membidik kalangan milenial, antara lain program suku bunga 3,88 persen fix 3 tahun untuk tenor minimal 12 tahun, suku bunga 5,99 persen fix 5 tahun untuk tenor minimal 12 tahun, dan khusus untuk karyawan pekerja ditawarkan suku bunga 8,5 persen fix 10 tahun.

KPR Bank Mandiri menawarkan pula keringanan biaya provisi dan admin bagi executive milenial, yaitu bebas biaya provisi dan admin khusus untuk karyawan pekerja yang mengambil suku bunga 9,25 persen fix 10 tahun.

 

https://www.kompas.com/properti/read/2022/09/30/090000921/garap-pasar-milenial-synthesis-tawarkan-subsidi-uang-muka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke